Manajemen moneter



      1.      Manajemen moneter konvensional
      a.       Uang pasif
               Asumsi uang yang di gunakan dalam paradigma endogenous konvensional ini adalah:
  • Jumlah uang beredar adalah dependent terhadap suku bunga , uang adalah variable endogen.
  • Instrument moneter yang di jadikan sasaran oprasional bank sentral bukanlah jumlah uang beredar melainkan suku bunga.

Sasaran pokok  yang ingin di capai oleh paradigma ini adalah tercapainya target inflasi yang telah di tetapkan sebelumnya (price targeting ) dengan menggunakan sasaran suku bunga jangka pendek sebagai instrument moneternya.
     b.      Uang aktif
               Paradigma uang aktif dalam teori konvensional menganggap bahwa uang sebagai variable exogen yang bentuk kurva penawarannya bersifat inelastis sempurna.


      2.      Manajemen moneter Islam
                  Dasar pemikiran ini adalah terciptanya stabilitas permintaan uang dan mengarahkan pemerintahan uang tersebut kepada tujuan yang penting dan produktif sehingga, setiap instrument yang akan mengarahkan kepada instabilitas dan pengalokasian sumber dana yang tidak produktif akan di tinggalkan.
                  Penghapusan suku bunga dan adanya kewajiban pembayaran pajak atas biayaya produktif yang menganggur, menghilangkan insentif orang memegang uang sehingga mendorong orang untuk  melakukan:
      -     Qord (meminjamkan harta kepada orang lain)
      -     Penjualan muajjal
      -     Mudarabah

Haruslah disadari, untuk mewujudkan sasaran Islam, tidak saja harus melakukan reformasi dan perekonomian dan masyarakat sejalan dengan garis-garis Islam, tetapi juga memerlukan peran positif pemerintah dan semua kebijakan pemerintah Negara termasuk fiskal, moneter, dan pendapatan, harus berjalan seirama. Praktik-praktik yang monopolistis harus dihilangkan dan setiap usaha harus di lakukan untuk menghapuskan kekakuan struktural dan menggalakkan semua faktor yang mampu menghasilkan peningkatan penawaran barang dan jasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manajemen moneter"

Post a Comment