DINUL ISLAM

Dinul berasal dari bahasa Arab "addin" yang berarti agama, sedangkan Islam itu sangat luas pengertiannya dan secara istilah disebutkan bahwa Islam itu adalah keselamatan, perdamaian yang meliputi :
  1. Islam itu keselamatan, yang artinya seseorang yang memeluk agama islam akan selamat di dunia dan akhirat selama dia menjalankan apa yang terdapat dalam al-Qur'an dan Hadist sebagai pedoman hidup agama Islam.
  2. Islam itu perdamaian, yang artinya bahwa Islam itu adalah damai dan cinta perdamaian dan sebaliknya benci terhadap permusuhan.

Secara keseluruhan bahwa Dinul Islam itu adalah agama pembawa keselamatan kepada umat manusia sepanjang hamba Allah tersebut menjalankan syari'at dinul Islam itu sendiri yang berlandaskan al-Qur'an dan Hadist.


Dalam al-Qur'an disebutkan dalam surah Ali ‘Imran: 19





“Sesungguhnya agama yang di ridhoi Allah di sisi-Nya ialah Islam.

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman dalam QS. Ali ‘Imran: 85








"Dan barangsiapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi.”


Orang yang akan memeluk agama Islam harus dan wajib hukumnya mengetahui dan melaksanakan Rukun Islam yang terdiri dari lima, isi dari kelima Rukun Islam itu adalah :
  1. Mengucap dua kalimat syahadat dan meyakini bahwa tidak ada yang berhak ditaati dan disembah dengan benar kecuali Allah saja dan meyakini bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul Allah.
  2. Mendirikan Shalat wajib lima kali sehari.
  3. Membaya Zakat
  4. Puasa pada bulan Ramadhan
  5. Ibadah Haji bagi mereka yang mampu.
Agama Islam mempunyai Rukun Iman yang terdiri dari 6 yaitu :
  1. Iman kepada Allah
  2. Iman kepada Malaikat Allah
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah
  4. Iman kepada Nabi dan Rasul Allah
  5. Iman kepada Hari Kiamat
  6. kepada Qoda dan Qadar (Ketentuan yang baik dan ketentuan yang jelek.
Tujuan Dinul Islam 

Dinul Islam yang utama adalah bertauhid kepada Allah. asal makna tauhid adalah berkeyakinan bahwa Allah itu Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW membawa risalah Dinul Islam dengan tujuan memurnikan tauhid, yaitu mempercayai dan meyakini bahwa hanya terdapat satu Tuhan yang wajib disembah, dimohonkan petunjuk dan pertologan-Nya.


Nabi Muhammad SAW, membawa dinul islam berupa wahyu Allah yaitu Al-Qur'an yang menjadi petunjuk dan pedoman hidup manusia yang pertama disamping Sunnah Nabi Muhammad SAW yang kedua sebagai pedoman hidup manusia. Konsep islam sebagai agama tauhid adalah ajaran sepanjang sejarah manusi dari tiap-tiap Rasul, Mulai Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Daud, Musa dan Isa sampai Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi yang terakhir.


Ini terdapat dalam Firman Allah Q.S Al-Anbiya : 25 yang artinya :
"Dan kami tidak mengirim seorang Rasul pun sebelum kamu melainkan kami wahyukan kepadanya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Aku (Allah), maka sembahlah olehmu sekalian Aku (Allah)".


Secara tegasnya Tauhid itu urat nadi segala rupa ibadah dan muamalah. Syiar Tauhid adalah kalimat Thayyiba "Laa Ilaaha Illallaah" dialah sendi utama Dinul Islam.

Abu al-Qasim ath-Thabrani meriwayatkan dalam Mu'jam al-Kabir dengan sanadnya dari Ghalib al-Qathan, dia berkata, "Saya datang ke Kufah untuk urusan dagang. Saya menginap dengan A'masy. Pada malam hari, tatkala saya hendak turun, A'masy pun bangkit kemudian shalat malam. Dia membaca ayat dan sampai pada `Allah mempersaksikan' hingga ayat `sesungguhnya agama pada sisi Allah ialah Islam'.


Kemudian dia mengatakan, `Aku pun bersaksi dengan apa yang dipersaksikan Allah. Aku ingin menitipkan kesaksian ini kepada Allah. Juga aku menitipkan kesaksianku pada sisi Allah bahwa sesungguhnya agama pada sisi Allah ialah Islam sebagai suatu titipan.' A'masy mengatakan hal itu beberapa kali. Saya berkata, `Sungguh aku mendengar sesuatu dalam ayat ini.'


Ketika pagi tiba, saya menemuinya dan berkata, `Hai Abu Muhammad, saya mendengar Anda mengulang-ulang ayat itu.'


A'masy berkata, `Bukankah kandungannya telah disampaikan kepadamu?
Saya menjawab, `Sudah sebulan saya bersama Anda, namun Anda belum memberitahukannya kepadaku.'


A'masy berkata, `Demi Allah, aku tidak akan menceritakannya kepadamu sebelum satu tahun.


' Maka aku pun tinggal bersamanya selama satu tahun. Setelah satu tahun berlalu, maka saya bertanya, `Hai Abu Muhammad, setahun telah berlalu.'


A'masy berkata, `Abu Wa'il telah menceritakan kepadaku dari Abdullah, dia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, `Pada hari kiamat akan ditampilkan pemilik titipan ayat itu, lalu Allah Azza wa Jalla berkata, `Hamba-Ku telah berjanji kepada-Ku, dan Aku adalah yang paling berhak memenuhi janji itu. Masuklah ke dalam surga.'"


Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (Ali-'Imran:18-19

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "DINUL ISLAM"

  1. benar , islam adalah agama saya . .
    saya cinta islam . .
    saya cinta allah . .

    ReplyDelete
  2. eh aku pemula blogger, salam kenal ya, template ini dapet dari mana? tolong jawabya, :)

    ReplyDelete
  3. trimaksih ats ilmu yg dsmpaikan..
    smg manfaat utk sy pribadi

    ReplyDelete
  4. Maaf kepada saudara/i saya yang telah berantusias membuka dan membaca karya ilmiah yang saya buat, baru kali ini saya membalas koment saudara/i dikarenakan saya sedang mencari ilmu, dan baru kali ini saya membuka kembali situs saya ini kembali sesudah hampir 1 tahun lebih,
    Sabda Rasul :
    Apabila kamu ingin meraih dunia maka raihlah dengan ILMU
    Apabila kamu ingin meraih akhirat maka raihlah dengan ILMU
    Apabila kamu ingin mencari kedua-duanya maka raihlah dengan ILMU.

    ReplyDelete
  5. Tolong tunjukkan satu ayat di al quran kalau masuk agama islam pasti diselamatkan

    ReplyDelete
  6. Luar biasa...terima kasih telah berbag ilmunya,smg bermanfaat...
    Barokalloh..

    ReplyDelete