Defenisi operasional variabel

Defenisi operasional variabel
1. Variabel bebas X1
Variabel bebas adalah variabel yang nilainya tidak tergantung dengan variabel lain, variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian kredit kreasi yaitu pemberian sejumlah kredit oleh perum pegadaian cabang Medan Utama terhadap nasabah usaha kecil.
2. Variabel bebas X2
Pelanggan atau konsumen yang membeli produk pada unit usaha kecil pada suatu tempat yang sarna- dalam periode tertentu.
3. Variabel terikat ( Y )
Variabel terikat adalah variabel yang nilainya tergantung atau di pengaxuhi oleh variabel bebas, variabel terikat dalam penelitian ini adalah perkembangan pendapatan usaha kecil.

A. Populasi dan Sample
    1. Populasi
Populasi dalam penelitian ini adalah usaha kecil yang menerima fasilitas kredit kreasi dari Perum Pegadaian Cabang Medan utama 2006 sampai dengan 2010 dengan jangka waktu 24 bulan yang bed umlah 34 unit usaha kecil.

  2. Sample
Teknik penarikan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dikatakan simle (sederhana) karena pengambilan sample anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut ( Sugiyono, 2005:75), yaitu jumlah usaha kecil yang menggunakan fasilitas kredit kreasi dari perm pegadaian cabang Medan Utama 2006 sampai dengan 2010, rumus yang dipakai adalah menggunakan rumus slovin (Ginting dan Situmorang, 2008:132), maka diperoleh jumlah sample sebanyak 35 usaha kecil (pengusaha kecil).

B. Jenis Data
Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini adalah :
1. Data Primer
Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari responden terpilih pada lokasi penelitian, data primer diperoleh dengan memeberikan kuesioner kepada responden terpilih.

2. Data Sekunder
Data sekunder adalah data primer yang telah diolah lebih lanjut dan disajikan baik oleh pihak pengumpulan data primer atau pihak lain, data ini diperoleh melalui studi dokumentasi yang diperoleh dari buku -buku ilmiah, website media internet, literatur ilmiah lain nya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.

C. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan didalam penelitian ini adalah:
1. Daftar Pertanyaan ( Questionare )
Kuesioner adalah seperangkat pertanyaan tertulis yang disusun untuk diisi oleh responden yang akan menjadi sample penelitian yakni : pengusaha kecil yang masih aktif menjadi nasabah kredit kreasi Perum Pegadaian Cabang Medan Utama.
2. Wawancara
Wawancara yaitu melakukan komunikasi secara langsung dengan pihak yang berkaitan dengan pokok permasalahn, dalam hal ini wawancara secara langsung dilakukan khususnya dengan staf yang berwenang memperj elas data sekunder dan pengusaha kecil yang menjadi nasabah perum Pegadaian cabang Medan Utama.
3. Studi Dokumentasi
Studi dokumentasi yaitu melakukan pengumpulan data dan informasi melalui buku - buku ilmiah, website media internet, literatur ilmiah lain nya yang berkaitan dengan objek penelitian.

Subscribe to receive free email updates: