Perkembangan Ilmu Tasawuf

Dakwah Tasawuf di Dunia Modern 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Lombard, Tarekat Khalwatiyah didirikan di Khurasan oleh Zahir al-Din ‘Umar al-Khalwati di akhir abad keempatbelas masehi, dan diperkenalkan ke Sulawesi Selatan (Makassar) oleh Syaikh Yusuf (b.1626). Setelah menunaikan haji di Mekkah pada 1644, Syaikh Yusuf pergi ke Aceh melalui Banten pada 1645. Beliau ikut Tarekat Qadiriyyah bersama Nur al-Din al-Raniri di Aceh (sebuah sumber lain me
nerangkan bahwa beliau diinisiasi dalam Tarekat Qadiriyyah oleh seorang imigran dari Gujarat yang mengajar di Aceh, Muhammad Jilani bin Hasan ibn Muhammad al-Hamid, paman dari Nur al-Din al-Raniri).
Yusuf lalu ikut Tarekat Naqsyabandiyah dengan Syaikh Abu ‘Abd Allah ‘Abd al-Baqi Billah, dan masuk Tarekat al-Sa‘ada al-Ba‘alawiyyah dengan Sayyid ‘Ali ketika ia berada di Yaman. Pada saat ia berada di Madinah, Syaikh Yusuf ikut Tarekat Syaththariyah melalui Syaikh Ibrahim al-Kurani dan akhirnya masuk Tarekat Khalwatiyah melalui ‘Abd al-Barakat Ayyub bin Ahmad ibn Ayyub al-Khalwati al-Qurashi di Damaskus. Kemudian ia pulang ke Sulawesi untuk melawan Belanda disana. Ketika Makassar diduduki Belanda pada 1667, Syaikh Yusuf kembali ke Banten dan juga melawan tentara kolonial disana. Beliau tertangkap pada 1683, dideportasi ke Ceylon dan kemudian ke Capstad (Afrika Selatan) pada 1693, dan beliau wafat pada 1699. Beliau meminta Karaeng Abd al-Jalil untuk meneruskan Khalwatiyah di Makassar. 

‘Abd al-Ra’uf Singkel (w.1699) seorang yang aktif menulis dan menterjemah buku-buku tasawuf. Seperti Hamza Fansuri, dia juga melakukan banyak perjalanan ke Timur Tengah untuk mencari ilmu. Al-Attas menjelaskan bahwa ‘Abd al-Ra’uf adalah murid Ahmad al-Qusyasyi (d.1660), seorang syaikh Tarekat Syaththariyah, pengarang Al-Simt al-Majîd, ketika ‘Abd al-Rauf belajar di Madinah, namanya muncul dalam silsilah dan menjadi orang pertama yang memperkenalkan Syaththariyah ke Indonesia. Nama ‘Abd al-Ra’uf juga dihubungkan dengan terjemahan dan tafsir Qur’an bahasa Melayu yang berdasarkan atas karya al-Baydhawi berjudul Anwâr al-Tanzîl wa Asrâr al-Ta’wîl, dan pertama kali diterbitkan di Istanbul pada 1884. 

Murid utama ‘Abd al-Ra’uf Singkel adalah Burhanuddin dan ‘Abd al-Muhyi. Nama yang disebut pertama adalah mempunyai tanggung jawab untuk islamisasi di Sumatera Barat dan Syaikh ‘Abd al-Muhyi bertanggung jawab untuk daerah Jawa Barat terutama di daerah pegunungan sebelah selatan Tasikmalaya Makam Syaikh ‘Abd al-Muhyi terletak di Pamijahan, Karangnunggal (Jawa Barat), tidak jauh dari sebuah Goa tempat beliau dan teman-temannya mempunyai komunikasi dengan Makkah. Ketika beliau berusia sembilan belas tahun, ‘Abd al-Muhyi pergi ke Aceh dan belajar di bawah bimbingan Syaikh ‘Abd al-Ra’uf Singkel selama delapan tahun (1669-1677). 

Tarekat Sammaniyah yang didirikan oleh Syaikh ‘Abd al-Karim al-Sammani (1719-1775) dengan ratibnya yang terkenal ratib Samman, dibaca banyak orang di Indonesia. Baik kitab Manaqib Syaikh al-Waliy al-Syahir Muhammad Samman maupun Hikayat Syekh Muhammad Samman, keduanya mengungkap siapa sosok Syaikh Samman, terutama karamah beliau. Syaikh ‘Abd Samad al-Palimbani (w. 1800) dikenal sebagai penyebar tarekat ini di Indonesia, dan khususnya di daerah Sumatra Selatan. Daerah Palembang terkenal selama abad ke delapan belas masehi sebagai tempat berkumpulnya para sarjana dan penulis.

Tarekat Tijaniyah yang didirikan oleh Syaikh Ahmad bin Muhammad al-Tijani (w.1815), walaupun sebagian orang menganggap tarekat ini eksklusif namun dewasa ini masih banyak pengikutnya. Tarekat ini diperkenalkan ke Cirebon pada tahun 1928, dan cepat berkembang ke Tasikmalaya, Brebes dan Banyumas. Pada mulanya di bawah asuhan Kiyai Buntet dan Kiyai Madrais, tetapi setelah PD II atas pengaruh Kyai Madrais dinamai Agama Sunda, dan tidak lagi sebagai tarekat dan masuk kategori Kebatinan atau Kejawen. Namun begitu Tijaniyah yang benar berkembang terus sampai ke Pulau Madura bersama-sama dengan berkembangnya Naqsyabandiyah dan TQN. Sebagai tambahan selain Tijaniyah, Tarekat Syaththariyah juga berkembang di Pesantren Buntet, dan disebarkan oleh Kiyai ‘Abbas, seorang saudara laki-laki dari Kiyai Anas. Beliau berdua setuju bahwa kedua tarekat membentuk bagiannya dalam Pondok Pesantren Buntet, Cirebon. Tarekat Tijaniyah tersebar luas di seluruh Indonesia. Menurut sebagian peneliti, daerah Cirebon dan Garut sebagi basis wilayah Jawa Barat; Brebes dan Pekalongan sebagai basis wilayah Jawa Tengah sementara Surabaya, Probolinggo dan Madura sebagai basis wilayah Jawa Timur.

Tarekat Chisytiyah sebuah tarekat kelahiran India yang di dirikan oleh Syaikh Mu‘in al-Din Chisyti (w.1236) telah berhasil mempopulerkan tarekat ini ke luar India. Di awal pendiriannya tarekat ini berideologi Sunni. Hal ini terbukti bahwa para sufi awal Chisyti di India menjadikan ‘Awârif al-Ma‘ârif karya Syaikh Syihab al-Din Abu Hafs ‘Umar Suhrawardi (539-632 H/1145-1234 M) sebagai pegangan mereka. Kitab ini juga menjadi dasar bagi mereka para guru Chisytiyah dalam mengajar murid-muridnya. Selain ‘Awârif, Kasyf al-Mahjûb karya al-Hujwiri juga sangat populer di gunakan kaum Chisyti. Selain kedua kitab itu, Malfuzhat Syaikh Nizam al-Din Auliya, Syaikh Nashir al-Din Chiragi Dihli, Syaikh Burhan al-Din Gharib, Khwajah Bandah Nawaz Gizu Daraz, juga menjadi gagasan-gagasan yang kuat dan akurat bagi pembentukan ajaran Tarekat Chisytiyah. Hingga sekarang ini cabang Tarekat Chisytiyah juga terdapat di Amerika Serikat misalnya di Philadelphia, dibawa dan dikembangkan oleh seorang Syaikh Chisytiyah dari Sri Lanka, bernama Bawa Muhayiddin.

Seorang orientalis yang telah sangat berjasa dalam memperkenalkan pendiri Tarekat Mawlawiyah misalnya, yaitu Mawlana Jalaludin Rumi ke dunia Barat adalah Reynold A. Nicholson yang telah bukan hanya mengedit secara kritis semua naskah matsnawi, tetapi juga menterjemahkan dengan baik seluruh naskah tersebut (sebanyak 6 buku) ke dalam bahasa Inggris. Demikian juga ia telah menerjemahkan dan menseleksi dari Divan-i Syams-i Tabriz. Sedangkan karya Rumi yang lain Fihi Ma Fihi telah diterjemahkan oleh Arberry dengan judul Discourse of Rumi.

Tokoh lain yang sangat berjasa dalam memperkenalkan Rumi ke dunia Barat adalah Prof. Annemarie Schimmel (w. 2003), yang telah menulis dengan penuh penghargaan dan kebanggaan tentang karya-karya Rumi, seperti I am Wind You Are Fire: The Life and Work of Rumi, dan The Triumphal Sun: A Study of the Works of Jalaludin Rumi.

Meskipun begitu, tokoh Barat yang pada saat ini yang rajin mengembangkan dan mempromosikan Rumi dan tarekatnya adalah Syaikh Kabir Edmund Helminski (dan istrinya Cemille Helminski). Saya pernah dua kali bertemu beliau ketika ke Indonesia pada tahun 2003. Berbeda dengan sarjana-sarjana sebelumnya, Kabir Helminski menulis dan memperkenalkan Rumi dan tarekatnya dari dalam tradisi Mawlawi sendiri, kepada audiens internasional, karena ia sendiri adalah anggota Tarekat Mawlawiyah. Lebih dari itu, ia kini telah menjadi salah seorang “spiritual guide” terkemuka dari tarekat tersebut, setelah berpindah agama dan bahkan dianggap sebagai wakil (representative) dari Tarekat Mawlawiyah. Pada saat ini, Syaikh Kabir Edmund Helminski, dan istrinya Cemille Helminski, adalah co-direktur dari masyarakat Threshold sebuah organisasi non-profit yang dipersembahkan untuk berbagi pengetahuan dan praktek tasawwuf.

Pada saat ini “Threshold Society”, beralamat di RD 4 Box 400, Putrey, Vermont USA, 05346, atau 139 Main Street, Brattleboro, Vermont 05301. Ini merupakan pusat kajian Rumi internasional, dan yang bertanggung jawab secara luas untuk membuat Rumi menjadi salah satu penyair masa kini yang paling luas dibaca orang.

Kabir Helmiski menulis banyak buku dalam literatur sufisme, terutama tasawuf Jalaluddin Rumi, dengan cara menerjemahkan berbagai buku-buku tersebut. Ia adalah pengarang dari Living Presence: A Sufi Way to Mindfulness and Essential Self, yang dikomentari oleh Jack Kornfield sebagai “iluminasi modern yang menaruh perasaan terhadap jalan sufi yang sarat dengan aroma kuno”. Bukunya yang lain adalah The Knowing heart: A Sufi Path of Transformation, karya ini dipandang sebagai “sebuah pengantar yang jelas dan baik bagi tasawuf, yang dengan kreatif dibumbui oleh wawasan-wawasan batin dari al-Qur’an dan tulisan-tulisan Rumi”.

Bukunya yang juga sangat populer dan bahkan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh H. B. Yasin adalah Rumi Day Light: A Daybook of Spiritual Guidance. Buku ini dinilai oleh Camille Adams Helminski, istri Syaikh Kabir Helminski, sebagai sebuah sumber wawasan dan penyegaran, yang dapat mendukung dan memberikan semangat. Dia juga beserta istrinya telah menulis sebuah buku kecil dan sangat cantik, yang didisain sebagai “hadiah" (gift), dengan dilengkapi beberapa kartu indah dengan lukisan-lukisan kuno Persia, sebagai tafsir bagi syair-syair Rumi, yang berjudul Rumi: The Path of Love. Buku kecil ini meliputi sejarah kehidupan Rumi, penjelasan tentang jalan sufi dari cinta dan 50 puisi pilihan dan penafsirannya dalam kartu-kartu yang indah terhadap semua puisi yang terkandung di dalamnya. Tetapi ada satu buku lagi yang sangat dekat dengan Tarekat Mawlawiyah, yaitu berupa wirid-wirid Mawlawi, yang disajikan secara lengkap dengan terjemahannya oleh Cemille dan Kabir Helminski sendiri, sebagai seorang Syaikh dan wakil Tarekat Mawlawiyah saat ini.

Syaikh Kabir Helminski juga adalah guru dari beberapa penulis dan sarjana yang terkemuka, termasuk di dalamnya adalah Brian Hines, seorang ahli fisika baru, dan pengarang buku God, Whisper, Creation’s Thunder, yang telah menjadikan Rumi sebagai pembimbing dan inspirator utama dalam menafsirkan fenomena-fenomena fisik yang ditemukan di laboratorium fisika modern. Dalam buku ini, Brian Hines tidak dapat menyembunyikan hutang budinya yang besar dalam pengenalannnya terhadap Rumi kepada Syaikh Kabir Helminski ini.

Tentang Tarekat Ni‘matullahi yang dikenal di kalangan Muslim Syi’ah misalnya, tokoh kontemporernya sesudah Mûnis ‘Alî Syâh (w. 1373 H/ 1953 M) adalah Javad Nurbakhsy, seorang psikiatris. Beliau berhasil merekrut banyak anggota kelas atas di Teheran, ketika profesi suatu jenis tertentu dari sufisme menjadi model modern; beliau juga membangun serangkaian khânqâh (zawiyah, rumah suluk) baru diseluruh negeri; dan menerbitkan dalam jumlah besar literatur tentang Nimatullâhî, termasuk karya-karya pribadinya. Ketika revolusi Islam Iran pada tahun 1978-1979 hampir memperoleh kemenangan, Nurbakhsy meninggalkan negeri itu, dan dia sekarang mengurus para pengikut campuran dari orang-orang imigran dari Iran dan orang-orang Barat yang memeluk agama Islam yang hidup di kota-kota besar di Eropa dan Amerika Utara.

Javad Nurbakhsy dilahirkan di Kirman, Iran. Dia menyelesaikan sekolah dasarnya di kota itu, sering mengalami loncat-loncat dan selalu menjadi murid paling top di kelasnya. Pada umur enam belas tahun, dia dibaiat sebagai anggota Tarekat Nimatullâhî oleh Aqâ Mursyidi, salah seorang syaikh dari Mûnis ‘Alî Syâh. Setelah menyelesaikan sekolah lanjutan, dia pindah ke Teheran untuk menyelesaikan studinya di Universitas Teheran, menyertai gurunya, Mûnish ‘Alî Syâh, selama waktu senggangnya. Pada usia dua puluh tahun dia ditunjuk oleh Mûnish untuk menempati posisi syaikh dan dua tahun berikutnya menyusun tiga jilid buku tipis untuk menghormati gurunya dengan judul Gulzâr-i Mûnis, mengenai pelbagai aspek teoritis dan praktik tasawuf. Jilid terakhir dari karyanya ini diterbitkan pada tahun 1949 M.

Pada 1952 M, dia meraih gelar dokter (kesehatan) dan pindah ke Bam, sebelah barat Kirman, tempat dia ditunjuk sebagai kepala balai pengobatan tersebut. Di sana, pada 15 Juni 1953, ketika Mûnish ‘Alî Syâh wafat di Teheran, Javad Nurbakhsy menerima berita tentang pelantikan anumerta beliau sebagai quthb dalam Tarekat Nimatullâhî. Selama 34 tahun terakhir, Javad Nurbakhsy (Nûr ‘Alî Syâh II) telah memimpin dan mengelola Tarekat Nimatullâhî, yang selama rentang waktu ini dia telah mengawasi pembangunan lebih dari seratus pondok sufi atau khânqâh di kota metropolitan dan kota madya utama di seluruh Persia.

Javad Nurbakhsy adalah penulis atau penyunting lebih dari sembilan puluh karya terbitan Persia, yang dicetak di Teheran oleh penerbit Khaniqahi Nimatullahi (Intisyârât-i Khânqâh-i Ne’matu’llâhî). Publikasi-publikasi ini pada dasarnya dibagi dalam dua kategori: (1) Karya asli Javad Nurbakhsy; dan (2) Edisi kritis atas karya prosa dan puisi yang ditulis oleh para penulis sufi klasik. Namun Javad Nurbakhsy juga telah menerbitkan banyak artikel tentang psikologi. Mesti juga disebutkan bahwa Perpustakaan Nurbakhsy di Teheran menyimpan salah satu koleksi terbesar pelbagai manuskrip dan buku kuno tentang mistisisme Islam di Iran, yang indeks lengkapnya telah diterbitkan pada 1973 M oleh Ibrâhîm Dibâjî. Sejak 1962 M hingga 1977 M Javad Nurbakhsy mempraktikkan ilmu psikiatrinya sebagai profesor di Universitas Teheran dan kepala salah satu rumah sakit psikiatri terkemuka di kota itu. Dia juga menghabiskan waktunya mempelajari dan melakukan penelitian di bidang ini di Sorbornne (Paris). Dia adalah salah seorang tokoh sufi pertama yang menguasai ilmu jiwa tradisional sekaligus psikiatri modern.

Javad Nurbakhsy pertama kali berkunjung ke Amerika Serikat pada 1974 M, dan menanggapi banyaknya permintaan dari para pengikutnya di Amerika yang jumlahnya semakin meningkat, pada 1975 M dia mendirikan pondok sufi (khânqâh) pertama di Amerika Serikat di kota New York. Tindakan ini diikuti oleh pelbagai pusat [tarekat itu] di kota-kota Amerika lainnya. Selama dasawarsa terakhir, jumlah khânqâh terus meningkat dan bertambah banyak di Amerika, dan sebuah khânqâh penting di London telah menjadi pusat tarekat ini di Barat.

Javad Nurbakhsy telah bermukim di London sejak 1983 M dan memprakarsai serangkaian penerbitan dalam bahasa Persia. Dua seri dari karya-karya ini pantas disebutkan secara khusus, karena menjadi bagian kontemporer penting dalam tradisi literatur sufi kuno: (1) Ma‘ârif-i Shûfiyyah, sebuah uraian ringkas tentang konsep-konsep teosofis dasar dari para penulis sufi klasik dalam tujuh jilid (empat jilid di antaranya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris); dan (2) Farhang-e Nûrbakhsy, lima belas jilid ensiklopedi tentang terminologi sufi yang membahas secara detail makna esoteris simbolisme puisi dalam leksikon sufi (tiga jilid telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan judul Sufi Symbolism). Selanjutnya, sebuah jurnal ilmiah, Sufi, yang dikhususkan untuk mengkaji sastra, filsafat, dan praktik tasawuf, baru-baru ini mulai diterbitkan di London dalam bahasa Persia dan Inggris, yang menegaskan kembali ajaran-ajaran dasar dan abadi, landasan metafisika, dan kebenaran-kebenaran puitis spiritualitas Islam.

Tarekat Sanusiyah yang didirikan oleh Muhammad bin Áli al-Sanusi (1787-1859), sejak berdirinya hingga sekarang masih mendapat banyak pengikut terutama di kawasan Afrika Utara. Karangan beliau yang masih dibaca orang dan dijadikan sebagai bagian dari kutub al-mu‘tabarah yaitu al-Salsabil al-Ma‘în fî al-Tharâ’iq al-Arba‘în dan al-Masâ’il al-‘Asyar J.C Trimingham mencatat bahwa beliau telah mendirikan sebuah zawiyah di Abu Qubais Makkah, dan meninggalkan kota itu pada tahun 1840 dan kemudian tinggal di bukit yang bernama Jabal Akhdhar di daerah Cyrenaica.

Dapat kita amati disini bahwa di sisi lain kegiatan spiritual Islam secara praktek di masjid atau sufi center di Barat ikut menjadi semarak karena kedahagaan mereka terhadap kehidupan spiritual. Hal ini dapat diamati dalam kegiatan-kegiatan Tarekat Naqsyabandiyah dengan cabang-cabangnya, Tarekat Chisytiyah, Tarekat Mawlawiyah dan tarekat-tarekat lainnya seperti yang telah dijelaskan diatas. Perkembangan tarekat tidak selalu sama baik di Barat maupun di Timur, namun begitu hingga saat ini tarekat masih eksis dan berkembang dengan baik.

Dari penjelasan tentang perkembangan kehidupan spiritual Islam yang disampaikan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa universalitas ajaran Islam dapat di fahami dan dipraktekkan sejak awal kehadirannya hingga akhir zaman, kealamiahan ajaran Islam yang relatif kompatibel dengan keperluan kehidupan manusia, menjadikan agama ini senantiasa menarik perhatian sarjana manapun untuk menjadikannya sebagai bahan penelitian yang tak pernah kering dan habis.

Data historis dan kajian akademik telah membuktikan bahwa kehadiran tarekat semakin berkembang di Indonesia, dan juga di manca negara sebagai yang dijelaskan di depan. Asumsi Geertz juga terpatahkan yang mengatakan bahwa tarekat menghilang di daerah perkotaan, sebaliknya data Dhofier dan Julia Howell menunjukkan sebaliknya, bahkan tarekat bukan hanya dipertahankan oleh laki-laki bahkan kaum perempuan pun banyak yang menjadi pengikutnya.

Hubungan antara tingkat ekonomi yang membaik dan menjadi Muslim yang salih menjadikan studi tentang bagaimana menjadi Muslim yang modern semakin menarik, lebih-lebih pada saat dunia (sebagian negara/orang Barat) sedang membuat opini lewat media terhadap wajah Islam/Muslim dari sisi yang kurang menguntungkan (kekerasan, kemiskinan, korupsi dsb. terjadi di negara ketiga yang sebagian besar penduduknya Muslim) pada saat yang bersamaan. Namun harus disadari bahwa pada kasus-kasus tertentu praktek yang ada di kalangan kaum muslimin belum sepenuhnya mencerminkan ajaran Islam, apabila self koreksi ini diterima, jalan yang lebih baik akan terbentang di masa yang akan datang, bi‘awnillah insya Allah.

Sumber: DR. Sri Mulyati (Dosen Pasca Sarjana UIN Jakarta)
Disampaikan pada Pelatihan Muballigh Tasawuf V di Jakarta 17 - 19 Agustus 2007

Daftar Bacaan
Abdullah, Hawash. Perkembangan Ilmu Tasawwuf dan Tokoh-tokohnya di Nusantara. Surabaya: Al-Ikhlas, 1930.
Abdurrahman, Moeslim. ”Tijaniyyah, Tarekat yang Dipersoalkan?” dalam Pesantren P3M No.4/vol.V/1998: 82.
Aceh, Abu Bakar. Pengantar Ilmu Tarekat (Solo: Ramadhani, 1990).

al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Some Aspects of Sufism as Understood and Practised among the Malays, diedit oleh Shirley Gordon. Singapore : Malaysian Sociological Research Institute, 1963.

Brockelmann, Carl. Geschichte der arabischen Litteratur. 2nd edition. 2 vols. 1943-1949. Supplement 3 vols. Leiden: E.J. Brill, 1937-1942.

Bruinessen, Martin van Tarekat Naqsyabandiyah di Indonesia. Bandung: Mizan, 1992.
_____, “Tarekat and Tarekat Teachers in Madures Society,” dalam Across Madura Strait The Dynamics of an Insular Society. Diedit oleh Kees van Dijk, Huub de Jonge dan Elly Touwen-Bouwsma. Leiden: KITLV press, 1995, 91-117.
Camille dan Kabir Helminski. Rumi: The Path of Love. New York: Barnes & Noble Books, 2001.

Daudy, Ahmad. Syaikh Nur al-Din al-Raniri. Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Dhofier, Zamakhsyari. “The Pesantren Tradition: A Study of the Role of the Kyai in the Maintenance of the Traditional Ideology of Islam in Java.” Ph.D dissertation Australian National University, Canberra, 1980.

_____. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, 1982). 

Drewes, G.W.J. Directions for Travelers on the Mystic Path: Zakariyya al-Ansari’s Kitâb al-Rahmân and its Indonesian Adaptations. The Hague: Martinus Nijhoff, 1977.

_____. “Further Data Concerning ‘Abd al-Samad Al-Palimbani,” Bijdragen 132.
Feener, Michael. “Yemeni Sources for the History of Islam in Indonesia: ‘‘Abd al-Samad al-Palimbani in the Nafas al-Yamani,” in La Transmission du savoir dans le monde musulman Peripherique. Paris: EHESS, December, 1999, 128-144.

Geertz, Clifford. The Religion of Java. Glencoe, III: Free Press, 1960.
_____. Islam Observed. Chicago: University of Chicago Press, 1968.

Hasyimi,Ibrahim. A Bibliography of Persian Books in Psychology and Education. Tehran: Intisyarat-i Khaniqah-i Ni’mat Allahi, 1971, jilid 2 dan 1973, jilid 1.
Hines, Brian. God’s Whispher, Creation’s Thunder: Echoes of Ultimate Reality In the New Physics. Brattleboro, Vermont: Threshold Books, 1996.

Helminski, Kabir Edmund. Living Presence: A sufi Way to Mindfullness & the Essential Self. New York: The Putnam Publishing Group, 1992.

_____. The Knowing Heart: A Sufi Path of Transformation. Boston & London, Shambala, 2000.
_____. Terang benderang: Renungan Spiritual Harian kutipan dari Matsnawi, diterjemahkan dari Rumi Daylight: A Daybook of Spiritual Guidance oleh H.B. Yasin. Bandung: Mizan, 2000.

Howell, Julia Day, M.A. Subardi, dan Peter L. Nelson, “New Faces of Indonesian Sufism: A Demographic Profile of Tarekat Qodiriyyah-Naqsyabandiyyah-Pesantren Suryalaya, in the 1990s,”dalam Review of Indonesian and Malaysian Affairs 35, 2 March 2002

Johns, A.H. “Islam in Southeast Asia: Reflections and New Directions” dalam Indonesia. Cornell Modern Indonesia Project, no.19 April 1975.

Khaerussalam, A.A. Sejarah Perjuangan Syekh Haji Abdul Muhyi Waliyullah Pamijahan. Pamijahan, 1997.

Kraus, Werner. “Some Notes on the Introduction of the Naqshbandiyya-Khalidiyya into Indonesia,” dalam Naqshbandis Cheminements et situation actuelle d’un ordre mystique musulman, ed. Marc Gaborieau, Alexandre Popovic and Thierry Zarcone. Istanbul: Isis, 1990.

Kaptein ,N. “Tarika. 8 di Indonesia,” dalam The Encyclopaedia of Islam vol.X., 257.

Lombard, Denys. ”Les tarékat en Insulinde,” dalam Les Ordres Mystique dans l’Islam, ed. Popovic dan G.Veinstein (Paris, 1986).

Mulyati, Sri. “The Educational Role of the Tariqa Qadiriyya wa Naqshbandiyya with Special Reference to Suryalaya, “ McGill University, Montreal, Canada, 2002.

Mu’tasim, Radjasa. dan Abdul Munir Mulkhan. Baca Bisnis Kaum Sufi Studi Tarekat dalam Masyarakat Industri. Yogyakarata: Pustaka Pelajar, 1998.

Nurbakhsy, Javad. “Tarekat Nimatullahi,” Ensiklopedi Tematis Spiritualitas Islam Manifestasi (ed. S.H. Nasr) Terj. Tim Mizan. Bandung: Mizan, 2003.

Rinkes, D.A. Abdoerraoef van Singkel. Heerenven, 1909.

Rumi, Divan-i Shams-i Tabriz. Seleksi dan terjemahan oleh R. A. Nicholson. London: Cambridge University Press, 1977.

Rumi, Discourses of Rumi, sebuah terjemahan dari Fihi Ma Fihi oleh A. J. Arberry. New York: Samuel Weiser, 1977.

Rumi, The Mathnawi of Jalal al-Din Rumi, terj. Nocholson, jilid I-VI. ondon: Luzac & Vco. Ltd., 1968.

Schimmel, Annemarie. I am Wind you are Fire: The Life and Work of Rumi (Boston and London: Shambala, 1992).

_____. The Triumphal Sun: A Study of the works of Jalaloddin Rumi (London: East-West Publication, 1980).

Shaghir Abdullah, Wan Mohd. “Syeikh Abdurrauf bin Ali al-Fansuri,” dalam Tokoh-Tokoh Sastera Melayu Klasik ed. Mohd.D..Moh. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka, 1987.
_____ . Syeikh Abdush Shamad Al-Falimbani. Al-Fathanah, 1983.

Sunardjo, Unang. Pesantren Suryalaya dalam Perjalanan Sejarahnya. Tasikmalaya: Yayasan Serba Bhakti PP. Suryalaya, 1985.

Taj al-‘Arifin, Shohibulwafa. Miftah al-Shudur. 2 jilid. Dalam Thoriqot Qodiriyyah Naqsabandiyyah Sejarah Asal-Usul dan Perkembangannya. Ed. Harun Nasution, 261-324. Tasikmalaya: Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah, 1990.

_____. Kunci Pembuka Dada [Terjemahan Miftah al-Shudur] oleh Abubakar Atjeh. Jakarta, 1969.

_____. ‘Uqud al-Juman. Suryalaya: Yayasan Serba Bakti Pesantren Suryalaya, 1975.

_____. Ibadah Sebagai Metoda Pembinaan Korban Penyalahgunaan Narkotika dan Kenakalan Remaja. Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, 1985.

_____. Akhlaqul Karimah/Akhlaqul Mahmudah Berdasarkan Mudaawamatu Dzikrillah. Tasikmalaya: Yayasan Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya, 1983.

Trimingham, J.S. The Sufi Orders in Islam. London: Oxford University Press, 1973.

Tudjimah, “Asrar al-Insan fi Ma’rifa al-Ruh wa al-Rahman” Thesis., Universitas Indonesia, 1961.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkembangan Ilmu Tasawuf "

Post a Comment