Ayat-ayat Al-Qur'an Tentang Akal dan Berfikir



Islam memberikan kedudukan yang sangat tinggi kepada fikir dan akal yang hanya dimiliki oleh manusia, dan manusia adalah ciptaan Allah yang paling baik. Allah memerintahkan manusia untuk menggunakan fikir dan akalnya, dan cemooh Allah sangat buruk terhadap manusia yang tidak mau menggunakan keduanya.
Perhatikan ayat-ayat berikut:




  
“Dengan (air) itu ia tumbuhkan untuk tanaman-tanaman, dan pohon zaitun, dan pohon kurma, dan anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah pertanda bagi yang berfikir(QS. An-Nahl (16):11).”



  
“Dan ia membuat malam dan siang, dan matahari dan bulan supaya melayani kamu dan binatang-binatang dibuat untuk melayani dengan perintahnya.Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah pertanda bagi kamu yang berakal (QS. An-Nahl(16):12).

Kedua ayat tersebut menegaskan kekuasaan Allah, memperjelas pada manusia bahwa kenyataan-kenyataan empiris dalam alam ini seharusnya menjadi sarananya untuk manusia memanfaatkan dan menggunakan fikir dan akalnya, sehingga terlatih daya fikirnya, dan dengan demikian mampu membina  ilmu pengetahuan. Ayat-ayat Allah adalah kenyataan-kenyataan alami yang berlangsung menurut sunnahnya dan ayat-ayat ini berfungsi dalam melatih dan mengembangkan kemampuan berfikir manusia, dan lebih lanjut akan mampu mengembangkan teori dan ilmu pengetahuan.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Ayat-ayat Al-Qur'an Tentang Akal dan Berfikir"