JIHAD



Jihad ( جهاد ) adalah berjuang dengan sungguh-sungguh menurut syariat Islam .


Jihad dilaksanakan untuk menjalankan misi utama manusia yaitu menegakkan Din Allah atau menjaga Din tetap tegak, dengan cara-cara sesuai dengan garis perjuangan para Rasul dan sahabatnya. Jihad yang dilaksanakan Rasul adalah berdakwah agar manusia meninggalkan kemusrykan dan kembali kepada aturan tauhid (mengesakan Allah SWT menyucikan qalbu (hati), memberikan pengajaran kepada umat manusia dan mendidik manusia agar sesuai dengan tujuan penciptaan mereka yaitu menjadi khalifah (pemimpin) di atas bumi ini.


Jihad dan TerorismeTerorisme tidak bisa dikategorikan sebagai Jihad; Jihad dalam bentuk perang harus jelas pihak-pihak mana saja yang terlibat dalam peperangan, seperti halnya perang yang dilakukan Nabi yang mewakili Kota Madinah melawan Kota Makkah pada waktu zaman dahulu yang merupakan banyak yang menentang ajaran Nabi Muhammad SAW dan bahkan mereka ingin membunuh Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya. Alasan perang tersebut terutama dipicu oleh kezaliman kaum Qurysi yang melanggar hak hidup kaum Muslimin yang berada di Makkah (termasuk perampasan harta kekayaan kaum Muslimin serta pengusiran).Jadi Nabi Muhammad SAW bereperang pada zaman dahulu bukanlah seperti yang dikatakan oleh orang-orang yang benci kepada Dinul Islam bahwa agama islam itu disebarkan dengan pedang artinya kekerasan. untuk lebih lanjutya kita bisa membaca sejarah-sejarah berkembangnya islam dan juga cara Nabi Muhammad menyampaikan dakwah kepada manusia.


Allh SWT berfirman :
Mengapa kamu tidak mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdoa: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini (Mekah) yang zalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi Engkau, dan berilah kami penolong dari sisi Engkau !".(QS 4:75)


Perang yang mengatasnamakan penegakan Dinul Islam namun tidak mengikuti Sunnah Rasul tidak bisa disebut Jihad. Sunnah Rasul untuk penegakkan Islam bermula dari dakwah tanpa kekerasan, hijrah ke wilayah yang aman dan menerima dakwah Rasul, kemudian mengaktualisasikan suatu masyarakat Islami yang bertujuan menegakkan Kekuasaan Allah di muka bumi.


Penentangan teror melalui bunuh diri sudah tergambar dalam sebuah ayat didalam Kitab Allah dan Hadist Nabi Muhammad SAW.


Firman Allah dalam surah An-Nisaa’: 29:
“Dan janganlah kalian membunuh diri kalian, sesungguhnya Allah Maha menyayangi kalian.”


Dan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhsri dan Imam Muslim, Muhammad bersabda,


“Barangsiapa yang bunuh diri dengan menggunakan suatu alat/cara di dunia, maka dia akan disiksa dengan cara itu pada hari kiamat.”

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "JIHAD"

  1. Jihad kecil sudah berlalu, jihad kecil itu untuk menegakkan agama pada saat itu. Yakni berperang pada zaman rosul, agar agama islam ada.

    Sekarang ya kita teruskan jihad besar, Apa itu jihad besar ?

    Jihad besarnya adalah mengekang hawa nafsu sendiri.

    Jangan sampai menyekutukan Alloh dengan sesuatu. Apa yang disekutukan ?

    uang, jabatan, harta, kekuasaan, nafsu, yang semua itu adalah berhala dizaman sekarang ini, yang bisa melupakan manusia kepada Tuhannya.

    ReplyDelete
  2. salam saudara saudara,

    jika membicarakan tentang jihad yang besar,

    yang terbaik adalah kita jihad mengikut mahunya allah dalam

    25:52

    salam,

    ReplyDelete