Fungsi Hati Manusia

Hati dalam bahasa Arab disebut “Qalbun” berasal dari kata qalaba yaqlibu yang memiliki arti membalikkan, memalingkan, menjadikan yang diatas ke bawah, yang di dalam keluar, merubah. Dalam kitab al-Durr al-Manstsur disebutkan bahwa 

انما سمي القلب قلبا لتقلبه . 

artinya:” Hati dinamai qalb tiada lain karena hati selalu berubah-ubah”. 

Hati memiliki dua makna yaitu, pertama: sesuatu yang kongkrit dapat dilihat dia berbentuk seperti buah sanubari, hati dalam pengertian ini bukan hanya dimiliki oleh manusia tetapi juga dimiliki oleh hewan lainnya. Kedua: Hati yang berbentuk Nuraniyyatun Lathifatun Rabbaniyyatun (berbentuk cahaya bersifat lembut dan dihunjamkan oleh Tuhan) hati dalam pengertian inilah yang bisa ma’rifat kepada Allah, menta’ati atau membangkang kepada Allah dan hati dalam pengertian inilah yang memiliki r
asa sayang, cinta, cemburu dendam dan lain sebagainya. 

Hati dalam pengertian yang kedua inilah yang hanya dimiliki manusia. Hati dalam pengertian kedua ini memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hati dapat diibaratkan sebagai seorang raja yang sangat berkuasa sedangkan anggota tubuh lainnya merupakan bala tentara dan rakyatnya. Apa yang diperintahkan oleh hati maka itulah yang diikuti dan dilaksanakan oleh anggota tubuh lainnya. Oleh karena sangat urgennya fungsi hati dalam kehidupan manusia, Rasulullah SAW dalam salah satu sabdanya pernah mengatakan: 


الا ان فى الجسد مضغة اذا صلحت صلح سائر الجسد كله واذا فسدت فسد سائر الجسد كله الا وهي القلب 


http://dinulislami.blogspot.com/Artinya:Ingatlah sesungguhnya dalam jasad manusia ada segumpal darah, jika ia baik maka seluruh anggota tubuh lainnya pun akan menjadi baik dan jika ia rusak, maka rusak pula seluruh anggota tubuh lainnya. Ingat ia itu adalah hati”. 

Dalam hadits ini, Rasulullah secara tegas menyatakan bahwa baik buruknya perbuatan dan amal selama hidup yang dikerjakan oleh manusia itu tergantung kepada hati. Ketika hatinya baik, maka yang muncul adalah perbuatan baik juga, tetapi ketika hati kita buruk, maka perbuatan yang muncul adalah perbuatan yang buruk. Hati pada awal penciptaannya adalah bersih dan hidup namun lingkungan, pendidikan dan perbuatan dosa yang selalu dilakukan sehingga menyebabkan hati menjadi mati tanpa berfungsi sebagaimana seharusnya. Rasulullah saw pernah bersabda: 

“Barangsiapa melakukan dosa, maka akan tumbuh dalam hatinya sebuah titik hitam, jika ia bertobat maka akan terkikislah titik hitam itu dalam hatinya. Jika ia tidak bertobat, maka menyebarlah titik hitam itu sehingga seluruh hatinya menjadi hitam.” 

Dan hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surat al-Muthaffifin ayat 14 yang berbunyi: 

كلا بل ران على قلوبهم ما كانوا يعملون 

Artinya:”Sekali-kali tidak! Bahkan apa yang mereka kerjakan itu telah menutupi hati mereka”. 

Hati dalam pengertian kedua di atas pada dasarnya terbagi dua yaitu : 

a. Hati yang hidup. 

Hati yang hidup ibarat cermin yang bening, bersih dan mulus sehingga hati semacam ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, ia akan memperlihatkan segala sesuatu sesuai dengan apa adanya. Dari hati yang bening ini akan muncul berbagai hikmah-hikmah dan kata mutiara yang bernilai. Hati yang bening akan menyebabkan datangnya Ilmu ladunni atau ilmu wahbiyah (ilmu yang diberikan langsung oleh Allah). Hati yang bening ini lahir dari keimanan yang kokoh, keikhlasan dalam beramal, ilmu yang benar bersumber dari Alqur’an dan Al-Hadits dan senantiasa menjauhkan diri dari berbagai macam kemaksiatan. 

Imam Syafie’ pendiri madzhab Syafi’iyah yang banyak diikuti oleh mayoritas kaum muslimin di Indonesia suatu hari pernah mengadukan lemahnya hapalan beliau kepada gurunya Imam Waqi’. Pengaduan ini direkam dalam sebuah syair yang sangat indah: 

شكوت الى وكيع سوء حفظي فأرشدني بترك المعاصي 
وأخبرني بأن العلم نور ونور الله لا يهدى للعاصي 

Aku pernah mengadu kepada Imam Waqi’ tentang buruknya hapalanku. 

Lalu ia membimbingku untuk meninggalkan perbuatan ma’siat. 

Dan ia memberitahuku bahwa ilmu adalah cahaya. 

Dan cahaya Allah tidak akan dihadiahkan kepada orang-orang yang berbuat ma’siat. 

Dalam kitab Hasyiyah ‘ala Syarhi Hulyati labbil mashun ‘alal risalah al-maushumah bil Jauharul Maknun[2] disebutkan: 

ان العلم لا يستقر ولا يثبت الا فى قلب تخلى عن الرذائل لمصادفته قلبا خاليا فيتمكن فان الحكمة اذا لم تجد القلب 
كذالك فانها ترجع من حيث أتت 

Artinya:”Sesungguhnya ilmu tidak akan menetap secara kokoh dan kuat kecuali dalam hati yang bersih dari kotoran-kotoran karena hati akan memilih hati yang bersih dan menetap secara kokoh disana dan sesungguhnya hikmah(ilmu) itu jika tidak menemukan hati seperti itu, ia akan kembali menuju tempat ia berasal”. 

Hati yang hidup adalah hati orang mu’min. hati yang hidup ini ditandai dengan memiliki perasaan senang diiringi rasa syukur ketika mampu melakukan pelbagai macam kebaikan, merasa sedih ketika tidak mampu menjalankan berbagai macam ketaatan dan menyesal ketika terjerumus kedalam lembah kemaksiatan sebagaimana sabda Nabi : 

من سرته حسناته وساءته سيئته فهو مؤمن 

Artinya:”Orang yang merasa senang (diiringi rasa syukur) dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik dan merasa sakit dengan melakukan perbuatan-perbuatan buruk, maka dia itu adalah orang yang beriman”. 

Dalam menjelaskan hadits diatas, Muhammad bin Ibrahim dalam kitab syarhul-Hikam li Syeikh Muhammad bin Atha’illah mengatakan:” 

ان أعمال العبد الحسنة والسيئة علامتان على وجود رضا الله تعالى عن العبد و سخطه عليه فاذا وفق الله تعالى عبده للصالحات سره ذالك لأنه علامة على رضاه عنه وغلب حينئذ رجاؤه و اذا خذله ولم يعصمه فعمل بالمعاصى ساءه ذالك واحزنه لانه علامة على سخطه عليه وغلب حينئذ خوفه 


Artinya:”Bahwa amal-amal seorang hamba yang baik dan yang buruk merupakan tanda ridha dan bencinya Allah kepada hambanya. Oleh karena itu, jika Allah memberikan taufiq kepada seorang hamba untuk melakukan perbuatan baik, maka ia merasa senang dengan hal itu karena hal itu pertanda Allah ridha atas dirinya dan ketika itu juga dirinya dikuasai oleh raja’ (harapan) terhadap Allah. Dan jika Allah membiarkannya dan tidak menjaganya sehingga ia terjerumus melakukan perbuatan maksiat, maka hal itu akan membuatnya merasa sakit dan sedih karena hal itu pertanda Allah membencinya sehingga ia dikuasai perasaan takut yang sangat. 

Agar hati bisa hidup dengan lapang, Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah dalam kitabnya Zadul Ma’ad Fi Hadyi Khairil ‘Ibad menyebutkan hal-hal yang membuat hati menjadi lapang dan hidup diantaranya: 
  1. Mengesakan Allah (Tauhid) baik dalam rububiyyah-Nya,uluhiyyah-Nya,maupun dalam asma wassifat-Nya. 
  2. Mengimani dengan sepenuh hati ajaran Islam. 
  3. Kembali kepada Allah (al-Inabah ilallah), mencintai Allah dengan sepenuh hati, menghadap dan menikmati ibadah kepada Allah (al-Tana’um bi’ibadatihi). 
  4. Mengetahui ilmu yang diwaritskan oleh Nabi Muhammad SAW. 
  5. Melakukan dzikir secara kontinyu. 
  6. Berbuat baik dan melakukan hal yang bermampaat bagi manusia. 
  7. Membersihkan hati dari sifat-sifatnya yang tercela. 
b. Hati Yang Mati

Hati yang mati ibarat orang yang mati segala sesuatu yang dimilikinya sudah tidak berfungsi seperti matanya sudah tidak bisa melihat, telinganya sudah tidak mampu mendengar, kakinya dan tangannya tidak bergerak lagi. Hati yang mati pun seperti itu sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana seharusnya. Dan hati yang mati ini memiliki tanda-tandanya, Syeikh Muhammad bin Atha’illah dalam kitab Hikamnya menyebutkan ada dua tanda kematian hati seseorang yaitu tidak merasa sedih ketika meninggalkan ketaatan dan tidak menyesal ketika terjerumus dalam dosa dan kesalahan. Pernyataan Syeikh Muhammad bin Atha’illah selengkapnya adalah sebagai berikut: 

من علا مات موت القلب عدم الحزن على ما فاتك من الموافقات وترك الندم على ما فعلته من وجود الزلات 


Artinya: “Diantara tanda matinya hati adalah tidak merasa sedih ketika kamu luput dari melakukan muwafaqat (perintah yang sesuai dengan Alqur’an dan Hadits) dan tidak menyesali kesalahan yang kamu lakukan”. 

Ibrahim bin Adham, salah seorang ulama sufi, mengatakan bahwa ada sepuluh penyebab kematian hati manusia, yaitu: 

- Mengaku mengenal Allah tetapi tidak menunaikan hak-haknya. 

- Membaca Alqur’an, tetapi tidak mengamalkan isinya. 

- Mengaku cinta kepada Rasulullah SAW, tetapi meninggalkan sunnahnya. 

- Mengaku benci kepada syaitan, tetapi justru mematuhi ajakannya. 

- Mengaku ingin masuk surga, tetapi tidak mematuhi syarat-syaratnya 

- Mengaku ingin selamat dari api neraka, tetapi malah menjerumuskan diri ke dalamnya. 

- Meyakini bahwa kematian adalah sebuah kepastian, tetapi tidak mempersiapkan diri untuk menghadapinya 

- Sibuk mengurusi keburukan orang lain, tetapi keburukan sendiri diabaikan. 

- Setiap menguburkan orang mati tidak pernah merenung untuk diambil pelajarannya. 

- Mendapat ni’mat Allah tapi tidak pernah mensyukurinya. 

Akhirnya kita berharap dan berusaha agar hati kita termasuk hati yang hidup diiringi dengan do’a : “Allahumma nawwir qulubana bi nuuri hidayatika kamaa nawwartal ardha bi nuuri syamsika Abadan Abadan birahmatika ya Arhamarrahimiin.(Ya Allah terangilah/ hidupkanlah hati kami dengan cahaya hidayah-Mu sebagaimana Engkau telah menerangi bumi ini dengan cahaya matahari-Mu selama-lamanya. Wahai Dzat yang Maha Penyayang. (Sidikalang, Jum’at, 21 Januari 2011) 



DAFTAR PUSTAKA 
  1. Departemen Agama RI, Syamil Qur’an :Alqur’an dan Terjemahnya,PT. Sygma Examedia Arkanleema, Bandung, 2009. 
  2. Muhammad bin Ibrahim, Syarhul Hikam ‘ala Matnilhikam lil-Imam Ibnu Atha’illah al-Sakandary,Semarang. Toha Putera,Juz I, hal. 4 
  3. al-Durr al-Mantsur, Juz. I, hal. 155 dalam Program al-Maktabah al-Syamilah 
  4. al-Maraqi al-‘Ubudiyyat Syarh Bidayat al-Hidayat lil-Imam al-Ghazali (Semarang: Pustaka ‘Alawiyah, tt) 
  5. Mahmud Yunus. Kamus Arab Indonesia, Hidakarya Agung, Jakarta, 1990 cet. 8 
  6. A.W. Munawwir, Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Pustaka Progressif, Surabaya,2002, cet-25 
  7. Makhluf bin Muhammad al-Badawi, Hasyiyah ‘ala Syarhi Hulyati labbil mashun ‘alal risalah al-maushumah bil Jauharul Maknun,Syirkatunnur Asia 
  8. Slide Asbabusyarhi shudur Fashlun min kitab Zadul Ma’ad Fi Hadyi Khairil ‘Ibad lil Imam Ibnu Qayyim al-Jauzi.
  9. Ummu Ishaq al-Atsariyyah,Pengaruh Buruk Perbuatan dosa, 
  10. Sebab-sebab Kematian Hati,dalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fungsi Hati Manusia "

Post a Comment