Orang yang Mengenal Rabb-Nya

oleh : KH Abdullah Gymnastiar

Apabila Allah memberi karunia kepadamu, maka Ia akan menunjukan kepadamu karunia belas kasih-Nya, dan apabila menolak pemberian-Nya atasmu, maka Ia akan menunjukan kepadamu kekuasaan-Nya, maka Ia dalam semua itu memperkenalkan diri kepadamu, dan mengahadapkan kepadamu dengan kehalusan pemberian pemeliharaan-Nya kepadamu.

Alhamdulillaahirabbil 'aalamiin, Allahuma shalli 'ala Muhammad wa'ala aalihi washahbihii ajmai'iin. 

Saudaraku yang baik, Allah Swt pernah menjawab pertanyaan dari Nabiyullah Musa As tentang orang-orang yang paling ‘alim dalam pandangan Allah. Allah Swt menjelaskan bahwa orang-orang yang paling ‘alim tersebut adalah orang-orang yang setiap waktunya digunakan untuk berusaha dengan maksimal mengenali Rabbnya. Untuk itu Allah Swt memberikan jalan kepada manusia untuk mengenali diri-Nya. 

Saudaraku, salah satu sarana tersebut adalah mewujudkan sifat-sifat yang dimiliki-Nya, seperti Maha Pemberi, Maha kasih, Maha Kuasa dll. Begitu juga ketika Allah menolak permintaan hamba-Nya, hal itu sesungguhnya merupakan ujian kehambaan seseorang untuk semakin mengenal Rabbnya. Penolakan Allah atas permohonan hambanya sesungguhnya untuk memperlihatkan bahwa Allah Maha Kuasa untuk menjawab permintaan tersebut dengan hal yang lebih baik.Wallahu'alam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Orang yang Mengenal Rabb-Nya"

Post a Comment