Allah Maha Mengetahui

Kita bisa bertindak tepat dan bijaksana apabila kita memiliki ilmu yang luas. Sangat sulit bagi orang yang sedikit ilmunya untuk menyikapi hidup ini dengan tepat.Semoga Allah Yang Mahatepat tindakan-Nya, menganugerahi kita ilmu yang luas, hati yang lapang, dan kebijaksanaan, sehingga kita mampu bertindak secara tepat dalam segala situasi.

Allah SWT memiliki nama Ar Rasyid atau Allah Yang Mahatepat Tindakan-Nya. Menurut Dr Quraish Shihab, semoga Allah meridhainya, kata ar-rasyid tersusun dari huruf ra', syin, dan dal, yang makna dasarnya adalah ketepatan dan lurusnya jalan. Dari makna ini lahirlah kata rusyd atau manusia yang sempurna akal dan jiwanya hingga ia mampu bertindak dan bersikap secara tepat. 

Lahir pula kata mursyid yang mengandung arti yang memberikan bimbingan atau petunjuk dengan cara tepat. Jadi kalau ada seseorang yang disebut mursyid, berarti orang tersebut adalah orang yang tepat untuk menunjukkan ke jalan yang tepat dengan cara yang tepat pula. Kata ini bermakna pula kekuatan dan keteguhan. Rasyadah berarti batu karang, suatu benda yang menunjukkan kekuatan dan keteguhan. Kalau orang bernama rasyid, maka orang tersebut harus memiliki karakter tangguh, kuat, dan mampu bertindak tepat. 

Karena Allah SWT memiliki sifat Ar Rasyid, maka semua tindakan Allah pasti tepat, cermat, dan tidak akan meleset. Ketentuan Allah tidak akan terlambat dan tidak pula terlalu cepat. Tidak kebesaran, tidak kekecilan. Tidak kelebihan, dan tidak kekurangan. Allah membalas manusia (baik dengan kenikmatan atau pun siksaan) dengan ukuran yang tepat dan sebanding dengan kapasitas amal yang dilakukan manusia bersangkutan. "Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Mahakuasa atas segala sesuatu" (QS Al Baqarah: 284).

Sayangnya, karena terbatasnya ilmu dan tingkat ma'rifatullah, kita sering kecewa terhadap semua ketentuan Allah. Kita sering merasa bahwa keinginan kita lebih tepat daripada ketentuan Allah, sehingga kita sering kecewa tatkala keinginan tidak terkabul. Padahal, menurut ilmu Allah, apa yang kita inginkan tidak baik atau bahkan berbahaya bagi kita. 

Allah SWT berfirman, Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu; dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal itu amat buruk bagimu. Sesungguhnya Allah Mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui (QS Al Baqarah: 216). 

Karena itu, kita meyakini bahwa Allah itu selalu tepat tindakan, waktu, dan momentum-Nya. Meski manusia bermilyar jumlahnya di dunia ini, tapi balasan Allah pasti tepat kepada orang per orang sesuai kadar keimanan dan kekufurannya. Balasannya pun tidak akan tertukar. Maka kita tidak usah khawatir menghadapi semua ketentuan Allah. Yang penting niat kita lurus dan ikhtiar kita maksimal.

Allah bertindak tepat karena ilmu Allah sangat luas, tidak bertepi. Ketepatan itu berbanding lurus dengan pengetahuan yang Dia miliki. Bukankah Ia adalah Al 'Alim; Dzat Yang Maha Mengetahui? Seorang hakim bisa memutuskan suatu perkara dengan tepat, karena ia memiliki pengetahuan dan bukti yang lengkap. Semakin lengkap data yang dia miliki, maka akan semakin tepat pula keputusan yang diambil. 

Apa hikmahnya bagi kita? Pertama, kita bisa bertindak tepat dan bijaksana apabila kita memiliki ilmu yang luas. Sebagai ilustrasi, kita akan bicara tepat dan lancar apabila kita memiliki kekayaan kata-kata. Sangat sulit bagi orang yang sedikit ilmunya untuk menyikapi hidup ini dengan tepat. Seorang ibu yang hamil dan tidak memiliki ilmu memadai akan cenderung tersiksa dengan kehamilannya tersebut. Seorang ayah yang tidak memiliki ilmu mengurus rumah tangga, akan sulit bertindak bijak dalam membina rumah tangga. 

Kunci kedua agar kita bisa bertindak tepat adalah pengendalian diri dan kesabaran. Seorang pemanah yang tepat, kuncinya adalah tenang. Tindakan yang emosional cenderung tidak tepat untuk menghasilkan sebuah solusi. Sikap yang emosional lebih banyak menghasilkan masalah daripada menyelesaikan masalah. Dengan sikap sabar, jernih, dan pengendalian diri, insya Allah setiap masalah dapat diselesaikan dengan cara yang tepat dan bijaksana. Dengan tindakan yang tepat, risiko pun bisa diminimalisasi dan hidup pun akan lebih mudah. Wallahu a'lam bish-shawab.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Allah Maha Mengetahui"

Post a Comment