Sistem aplikasi Perguruan Indonesia Membangun



SISTEM APLIKASI PEMBAYARAN SPP PADA YAYASAN

PERGURUAN INDONESIA MEMBANGUN


Pengetian Sistem Aplikasi

Pengertian Sistem adalah sebuah tatanan yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan tugas/fungsi khusus) yang saling berhubungan atau saling terkait satu dengan yang lain dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses/pekerjaan tertentu.

Pengetian Aplikasi adalah jenis tugas atau pekerjaan yang dilakukan suatu program atau sistem komputer.

Sistem Aplikasi adalah Suatu proses pekerjaan yang dilakukan program komputer yang sesuai dengan sistem yang sedang berjalan.

Pengetian Sistem Aplikasi Pembayaran SPP pada Yayasan Perguruan Indonesia Membangun

Yayasan Perguruan Indonesia Menbangun (YAPIM) adalah salah satu sekolah swasta dimana banyak sekali kegiatan yang terdapat disana sangat membutuhkan sistem berbasis komputer. Adapun salah satu aktifitas yang sangat membutuhkan komputer pada Yayasan Perguruan Indonesia Membangun adalah dibagian sistem pembayaran SPP dimana pada sistem ini masih banyak kelemahan-kelemahan yang harus diatasi. Karena dalam melaksanakan pekerjaannya, pegawai menggunakan cara manual. Dan pada saat siswa membayar uang SPP, para pegawai mencatat transaksi pembayaran SPP ini ke dalam buku. Pekerjaan seperti ini membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya. Sehingga sistem yang digunakan pada saat ini tidak efisien. Karena sering terjadi kesalahan-kesalahan pada waktu penulisan data. Dan pegawai juga sulit untuk mencari siswa/siswi yang belum membayar uang SPP.

Berdasarkan dari masalah diatas maka di buatlah sebuah program dengan judul “SISTEM APLIKASI AKADEMIK PADA YAYASAN PERGURUAN INDONESIA MEMBANGUN”. Sistem alpikasi pembayaran SPP pada yayasan perguruan Indonesia membangun adalah sebagai program untuk memudahkan dalam memproses pengolahan data siswa yang ingin membayar SPP. Sistem ini dibangun dengan menggunakan Visual Basic 6.0 dan menggunakan database SQL Server 2000. yang didalamnya terdapat beberapa form form sebagai berikut :

- Form input data sisa

- Form pembayaran SPP

- Form tunggakan SPP

- ForM pembayaran tunggakan SPP

- Laporan pembayaran SPP

- Laporan pembayaran tunggakan SPP.

Sistem Yang Sedang Berjalan

Sistem yang sedang berjalan saat ini pada yayasan perguruan Indonesia membangun masih menggunakan cara manual untuk proses pembayaran SPP nya.

Tetapi pada program ini terdapat beberapa alur dalam proses pembayaran SPP ini. Yaitu para siswa membawa kartu tanda pembayaran SPP kepada Staf administrasi ke sekolah. Dah staf administrasi memberikan kwitansi sebagai tanda mahasiswa telah membayar SPP. Dan staf administrasi memproses data siswa ini kedalam sistem aplikasi pembayaran SPP dan yang nantinya akan dibuat laporan-laporan untuk diserahkan ke

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sistem aplikasi Perguruan Indonesia Membangun"

  1. good one.. boleh minta aplikasinya gk buat SMK YAPIM TARUNA MANDAU??

    ReplyDelete