Tugas khalifah

Posted by Hendra Pakpahan 0 komentar
Hanya manusia yang dianugerahi RUH oleh Allah swt. Ruh dimanfaatkan untuk menjalankan tugas sebagai khalifah di bumi

QS As Sajdah 32:9
Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh -Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; kamu sedikit sekali bersyukur.

QS Al Mukminun 23:78
Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan qalb (akal pikiran). Amat sedikitlah kamu bersyukur .

QS Al Mulk 67:23
Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan qalb (akal pikiran)". amat sedikit kamu bersyukur.

QS 16:78
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan qalb (akal pikiran), agar kamu bersyukur.

A. Manusia sebagai Khalifah dibumi
- NIKMAT HIDUP

Semua yang ada bibumi untuk kesejahteraan manusia

QS A'raaf 7:10
Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.



QS At Jatsiyah 45:13
Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.

- SPIRIT HIDUP
Diberikan perasaan mencintai dan memiliki untuk memotivasi dalam mengelola bumi

QS Ali Imran 3:14
Dijadikan indah pada manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik .

- AMDAL : Pengaturan Hukum Lingkungan
Manusia sebagai pelaku syariat di bumi ditugaskan untuk melestarikan lingkungan bukan untuk menghabiskan, dan memahami keseimbangan alam dan bila tidak seimbang maka akan terjadi kerusakan

QS Al Baqarah 11-13
11. Dan bila dikatakan kepada mereka:"Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi ". Mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan."
12. Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.
13. Apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman." Mereka menjawab: "Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?" Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh; tetapi mereka tidak tahu.


B. PERATURAN-PERATURAN HIDUP
Hanya satu syariat yang berlaku di alam semesta yaitu : SYARIAT ALLAH
QS At Jatsiyah 45:18
Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat dari urusan , maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui.

C. PEDOMAN HIDUP
Menjadikan Al-Qur'an sebagai Pedoman, Petujuk dan Rahmat bagi seluruh Alam

QS At Jatsiyah 45:20
Al Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini.

D. TUNTUNAN HIDUP
Menjadikan Rasulullah Muhammad saw sebagai suri tauladan HANYA bagi yang mengharap rahmat Allah

QS 33:21
Sesungguhnya telah ada pada Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu bagi orang yang mengharap Allah dan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

E. TUJUAN HIDUP
Segala sesuatu yang diniatkan 100% menggapai ridlo Allah, berkomitmen dalam ibadah, akhlaq, aqidah dan muammallah, segala kehidupan mengharap ridlo-Nya

QS Al An'am 6:162
Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.



F. LAWAN HIDUP
Memahami Faktor Internal dan Eksternal sebagai musuh manusia dalam menjalani tugas khalifah di bumi untuk menggapai ridlo Allah

a. Internal = HAWA NAFSU
QS Al Furqan 25: 43-44
43. Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?,
44. atau apakah kamu mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami. Mereka itu tidak lain, hanyalah seperti binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat jalannya .

- Nafsu sebenarnya netral bisa baik & bisa buruk
QS Al Hasyr 59:19
Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.

- Nafsu Amarah, mengajak kepada kebinasaan
QS Yusuf 12:53
Dan aku tidak membebaskan diriku , karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.

- Nafsu Lawwamah, 50% : 50% menyesal tetapi tidak taubat (STMJ)
QS Qiyamah 75:2
Dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali .

- Nafsu Muthmainah, mudah dikendalikan
QS Al Fajr 89 : 27-30
27. Hai jiwa yang tenang
28. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya.\
29. Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku,
30. Masuklah dalam Surga-Ku

b. Eksternal = SYAITAN
QS Al Hasyr 59:19 ( Jangan sampai putus Dzikrullah)
Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.

QS Zuhruf 43:36-37 (Jangan berpaling dari Syariat Allah swt)
36. Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah , kami adakan baginya syaitan maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.
37. Dan sesungguhnya syaitan-syaitan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tugas khalifah
Ditulis oleh Hendra Pakpahan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://dinulislami.blogspot.com/2009/10/tugas-khalifah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment