Ridho Allah di Balik Kejadian

oleh : KH Abdullah Gymnastiar

Alhamdulillaahirabbil'aalamiin, Allahuma shalli 'ala Muhammad wa'ala aalihi washahbihii ajmai'iin. 

Saudaraku yang budiman, tiada satu kejadian pun yang sia-sia, sangat pasti ada hikmah, ada nasehat dibalik setiap kejadian. 

Karena itu, Allah merasakan kepadamu rasa pahitnya (musibah), untuk memudahkan bagimu cara meninggalkannya (musibah itu). Dan hanya orang-orang yang bersabar saja yang mendapat keberuntungan dari setiap kejadian yang dialaminya, Allah SWT berfirman, "Innama yuwafas shabiruuna ajrahum bi ghairi hisaab?" "Sesungguhnya hanya orang-orang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas!" (QS. Az Zumar [39]: 10).

Nyatalah bahwa setiap kejadian yang Allah timpakan pada diri kita adalah nasehat dan merupakan tarbiyah dari-Nya, dan hanya orang yang bersabar saja yang dapat mengambil hikmah dibalik setiap kejadian. 

Maka janganlah ingin amal kita diketahui orang lain. Belajarlah menikmati amal yang tangan kanan memberi, dan tangan kiri tidak tahu. Insya Allah itu akan lebih dekat kepada ridho Allah. Daripada kita sibuk dengan sesuatu yang kita yakini akan mengangkat diri dan derajat kita, berupa pujian dan penghargaan makhluk tapi Allah tidak ridho.

Subhanallah, sangat luar biasa sekali orang yang berfikir bukan apa yang dia inginkan, tapi orang yang memikirkan apa yang terjadi adalah apa yang Allah ridhoi, maka dia tidak akan terbelenggu dengan keinginan-keinginannya. 

Dia akan selalu menikmati apa yang Allah takdirkan untuk dia. Begitu juga dengan hatinya terus menerus ingat kepada Allah, sebab Allah pasti akan memberikan petunjuk ke dalam hatinya. Untuk dapat menyikapi hikmah dibalik setiap kejadian. Wallahu a'lam. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ridho Allah di Balik Kejadian"

Post a Comment