Membangun Citra

oleh : KH Abdullah Gymnastiar

Alhamdulillaahirabbil'aalamiin, Allahuma shalli 'ala Muhammad wa'ala aalihi washahbihii ajmai'iin. 

Saudaraku yang budiman, membangun citra menjadi sebuah tugas bagi kita bangsa Indonesia, karena belum terlihat citra yang baik tentang kita. Seharusnya kita memulai me-review mengevaluasi diri kita dan membuktikan bahwa kita ada dan patut diperhitungkan.

Sehingga masalah besar bangsa kita saat ini ada yaitu, pertama orang Indonesia belum paham dengan Islam, apa itu Islam? Kebanyakan kita hanya tahu sedikit, belum dengan ilmu yang benar. Bagaimana kita akan menjadi umat terbaik jika kita sendiri belum memahami Islam secara sungguh-sungguh dan menyeluruh. 

Kedua, kita belum senang belajar. Cobalah berniat untuk selalu belajar menjadi manusia pembelajar sejati, karena hanya dengan ilmulah kita mampu berbuat terbaik dan profesional. Sehingga kita kerap hanya menjadi beban bergantung kepada orang lain. Kita belum bekerja dengan keilmuan atau keahlian yang memadai. 

Sampai saat ini belum terlihat karya besar yang cukup signifikan yang dihasilkan oleh umat Islam. Tidak sebanding dengan kekayaan bangsa Indonesia yang melimpah ini. Harusnya dengan nikmat yang besar ini didukung dengan sumber daya yang tidak dipunyai oleh bangsa lain, sebenarnya kita mampu menghasilkan karya nyata dan prestasi terbaik bagi kemaslahatan umat. 

Saudaraku, seharusnya kita tidak bangga dengan status apapun yang kita sandang, karena kita hanya bangga apabila kita mengemban amanah dengan baik. Kita harus ingat sabda Rasulullah SAW, bahwa akan hancur suatu kaum jika suatu pekerjaan diserahkan kepada yang bukan ahlinya. Jelas sekali bahwa kita harus mampu bekerja unggul, profesional dan menguasai bidang pekerjaan kita. Masalah yang lain kadang kala kita belum bisa akur dengan orang lain, dengan saudara kita sendiri, ukhuwah kita masih lemah.

Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan untuk membangun citra diri dan terus memperbaiki diri. Mudah-mudahan suatu saat kita mampu berbuat demikian menjadi unggul di negara sendiri, Amiin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membangun Citra"

Post a Comment