MALAIKAT JIBRIL

Malaikat Jibril Dan Karakter Malaikat Lainnya 


Assalamu'alaikum wr. wb.

Pak Ustadz, saya mau bertanya: apakah masing-masing malaikat mempunyai sifat dan karakter yang bisa dibedakan sama halnya seperti membedakan karakter manusia. Maksud saya apakah kita bisa membedakan karakter antara malaikat Jibril, malaikat Mikail dan malaikat yang lain.

Saya pernah mendengar dari teman saya yang Non-Muslim, bahwa menurut mereka malaikat yang datang kepada nabi junjungan kita Muhammad SAW bukanlah Jibril. Menurut mereka saat Jibril datang kepada nabi sebelumnya dan kepada Maryam, Jibril datang dengan damai dan memperkenalkan dirinya tidak seperti saat datang kepada Muhammad dengan menyuruh membaca dan mencengkeram seperti yand dikisahkan. Benarkah demikian ?

Mohon penjelasan

Wassalam 

M Daulat 


Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du, 

Tidak benar kalau dikatakan bahwa malaikat Jibril itu harus berpenampilan damai dan harus tidak mencengkram seperti yang teman Anda sebutkan. Karena malaikat itu bisa berubah wujud serta penampilan. 

Jibril pun sering datang kepada Rasulullah SAW dalam bentuk seorang manusia yang sangat rupawan dan menarik perhatian orang banyak. Misalnya ketika mengajarkan rukun Iman dan Islam dalam hadits yang terkenal itu. Digambarkan jibril berwujud seorang laki-laki yang berpakaian sangat putih dan berambut sangat hitam, tak seorang pun mengenalnya dan tidak ada tanda dia orang yang baru datang dari perjalanan jauh. 

Namun dalam waktu lain, jibril datang dan dengan suara yang menakutkan seperti raungan bel dengan membawa wahyu. Ini adalah kondisi yang paling berat yang Rasulullah SAW alami saat menerima wahyu. 

Dan terkadang jibril menampakkan wujud aslinya yang memenuhi angkasa. 

Sehingga tidak tepat bila dikatakan bahwa jibril itu haruslah tampil seperti manusia yang lembut saja. Apalagi kesimpulan itu dijadikan bahan untuk menolak kebenaran Al-Quran Al-Karim dengan mengatakan bahwa yang datang kepada Rasulullah SAW ke gua Hira itu bukan jibril, karena tidak berwatak lembut. Tentu argumen ini tidak bisa diterima dan mengada-ada. 

Karena di lain waktu, Jibril pun ikut turun ke medan perang membantu umat Islam membunuh orang kafir di medan perang Badar. Informasi itu adalah dalam Al-Quran Al-Karim :

ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: "Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepada kamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut". (QS. Al-anfal : 9)

Ya , jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda. (Qs. Ali Imron : 125) 

Dalam tafsir Fathu Qadir oleh Ibnu Rusyd Al-Hafid pada juz 2 halaman 290 disebutkan bahwa Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib bahwa Jibril ikut turun bersama 1000 malaikat lainnya di sebelah kanan Rasulullah SAW dimana disana ada Abu Bakar ra. Dan Mikail ikut turun bersama 1000 malaikat lainnya di sebelah kiri beliau dan aku (Ali bin Abi Thalib) ada disana. 

Tentu jibril tidak akan tampil dengan penampilan yang simpatik, karena urusan dia saat itu adalah ikut berperang dan membunuh para kafir musuh Islam. 

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MALAIKAT JIBRIL"

Post a Comment