Khutbah Bagi yang Berhaji

Khutbah Arafah (Bagian I) 

oleh : KH Abdullah Gymnastiar

Bismillaahir rahmaanir rahiim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Aladzii anzala sakina ta fii kulubil mukminin liiyad dadu imanan ma imanihim Asyhadu allailaha illalah Wa asyhaduana Muhammadan abduhuwarosulluh Allohuma Sholli wasalim wa barik ala sayidina wamaulana Muhammad wa ala alihi wa ashabiihi ajmain amaaba’du ayuhal hadirun itaquloh haqo tuqotihi wala tamutuna ilaa wa antum muslimun wa qolallahu ta’ala fil kuranim karim. Audzubillahiminassaithan nirajim Bismillaahir rahmaanir rahiimInnamal mukminuna ikhwatun faasslihu baina akhwaikum wattaqullaha laall lakum tattakun.

Saudara-saudaraku hari ini adalah hari yang paling dirindukan oleh seorang muslim agar bisa menyempurnakan keIslamannya, hari ini adalah hari yang paling diidam-idamkan siang dan malam oleh orang-orang yang merindukan bisa bertemu dengan Tuhannya inilah hari yang kita tempuh ribuan kilo meter, bertahun-tahun kita menabung dengan harapan kita menjadi haji yang mabrur, haji yang diterima oleh Allah walaupun kita tidak bisa melihat sesungguhnya pada saat ini Allah membanggakan kita di hadapan para malaikat. Allah berjanji bahwa hari ini doa-doa diijabah andai kita wafat Insya Allah bagi haji mabrur tiada balasan dari Allah dengan jaminan selain surga

Saudara-saudaraku, betapa banyak orang-orang yang siang malam menyebut nama Allah, rindu ingin bisa dijamu di Arafah ini, mereka lebih shaleh daripada kita, jauh lebih memelihara diri tapi belum menginjakkan kaki disini. Tapi kita orang yang bergelimang dosa, berselimut aib dari ujung rambut sampai ujung kaki tertutup maksiat oleh Allah ditakdirkan hadir hari ini, nikmat manalagi yang akan kita dustakan. Subhanallah walhamdulillah wala illa ha ilallah wa lahu akbar.

Saudara-saudaraku, ibadah haji adalah nikmat dari Allah dengan tata nilai, tetapi ibadah haji juga amal shaleh dari Allah karena sepulang dari tanah suci orang-orang disekitar kita mengetahui bahwa kita telah dijamu oleh Allah pernah berada di tempat yang dimuliakan, bukankah kita pernah mendengar ciri orang munafik ada tiga jika dia berkata dia berdusta, jika dia berjanji dia tidak tepati, jikalau dia diberi amanah dia khianat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khutbah Bagi yang Berhaji"

Post a Comment