Hadits Tentang Gerhana Bulan dan Matahari

Hadits 2 Gerhana Dalam Ramadhan 

Assalamu'alaikum Wr. Wbr.

Alhamdulillah saya dapat menemukan forum konsultasi ini, Ustadz ada sebuah hadist dari bukhori muslim yang menyatakan jika ada dua gerhana (matahari & bulan) pada bulan ramadhan bersamaan akan terjadi huru-hara, maka kita dianjurkan untuk mempersiapkan sandang pangan.... kurang lebih begitu Ustadz, yang menjadi pertanyaan saya benar nggak keabsahan hadist ini Ustadz mohon penjelasannya ? 

Wassalamu'alaikum Wr. Wbr. 

Agung - Batam 


Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du, 

Hadis yang saudara tanyakan, tidak terdapat dalam kitab shohih Bukhori maupun shohih Muslim. Hadis tersebut hanya tercantum dalam sunan Ad-Daruquthni Jilid II halaman 65, mengutip perkataan Ali bin Muhammad dan bukan sabda Rasulullah SAW.

Ad-Daruquthni berkata: Telah menceritakan padaku Abu Said Al-Istokhri, telah menceritakan pada kami Muhammad bin Abdulloh bin Naufal, telah menceritakan pada kami Ubaid bin Yaisy dari Yunus bin Bakir dari Amr bin Syamir dari Jabir dari Muhammad bin Ali ia berkata: 

“Sesungguhnya Mahdi kita itu mempunyai dua tanda yang tidak pernah terjadi semenjak Allah s.w.t menjadikan langit dan bumi. Bulan gerhana pada malam pertama bulan Ramadhan kemudian matahari pun gerhana pada pertengahan bulan Ramadhan itu. Kedua tanda ini tidak pernah terjadi semenjak Allah s.w.t. menjadikan langit dan bumi”. (Sunan Ad Daraqutni j.2 ms.65) 

Dengan demikian, kita tidak bisa menjadikan hadis tersebut sebagai hujjah dalam masalah ini, karena masalah tentang turunnya al-mahdi dan hal-hal yang berkaitan dengannya haruslah berdasarkan hadis shohih agar nilai qoth'i al-tsubut bisa dipertanggungjawabkan. 

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh. 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Hadits Tentang Gerhana Bulan dan Matahari"