Hadits Tawasul

Assalamu'alaikum wr.wb.

Ust. Apakah hadits tentang bolehnya melakukan tawasul dibawah ini shahih ? Mohon penjelesannya. 

Terimakasih, Wassalam.

Sayyidina Umar sendiri pernah bertawassul kepada orang yang lebih rendah daripada Nabi yaitu Sayyidina Abbas RA (bapak saudara Nabi SAW). Hadits ini ada di dalam kita Fathul Bahri muka surat 150: "Dari Anas bin Malik, bahwa Sayyidina Umar RA apabila mereka ditimpa kemarau dia memohon hujan dengan bertawassulkan Abbas bin Abdul Muthalib dengan katanya: Ya Allah, saya telah bertawassul kepada Engkau dengan Nabi kami maka Engkau telah turunkan hujan, dan sekarang kami bertawassul kepada Engkau denga bapa saudara Nabi. Maka kami turunkanlah hujan itu". Maka turunlah hujan diatas mereka (Riwayat Bukhari) 

Achmad - Jakarta 


Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du, 

Hadis di atas memang shohih diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari sahabat Anas bin Malik Ra. Untuk lebih jelasnya anda buka shohih Bukhori Jilid I halaman 342 No. 964 Bab Orang-orang meminta kepada imam supaya Allah menurunkan hukan jika terjadi musim kemarau dan Jilid III halaman 1360 No. 3507 Bab penyebutan nama Al-Abbas bin Abdul-Muthalib.

Hadis di atas menegaskan tentang kebolehan bertawassul dengan orang yang sholeh serta masih hidup dan orang tersebut hadir pada saat bertawassul. 

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hadits Tawasul"

Post a Comment