Khotbah Menyambut Bulan Ramadhan


  "Wahai, manusia! Telah datang kepada kalian  bulan Allah dengan berkah, rahmat dan maghfirah (keampunan)-Nya. Bulan paling mulia disisi Allah. 
·         Hari-harinya adalah hari yang paling utama. 
·         Malam-malamnya adalah malam yang utama. 
·         Jam demi jam adalah jam yang paling utama. 
 
Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tetamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. 
·         Di bulan ini nafas-napasmu merupakan tasbih, 
·         tidurmu ibadah, 
·         amal-amal baikmu diterima dan 
·         doa-doamu diijabah. 
 
Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca kitab-Nya. 
   
Celakalah orang yang tidak mendapat  ampunan Allah di bulan yang agung ini. 
·         Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, saat kelaparan dan kehausan dihari kiamat. 
·         Bersedekahlah kepada kaum fukara dan masakin. 
·         Muliakanlah orang tuamu. 
·         Sayangilah yang muda. 
·         Sambungkanlah tali persaudaraanmu. 
·         Jaga lidahmu. 
·         Tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya,  dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya. 
·         Kasihilah anak yatim niscaya anak-anakmu dikasihi manusia.  
·         Bertobatlah kamu kepada Allah dari dosa-dosamu. 
·         Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu-waktu shalatmu, karena itulah saat-saat utama ketika Allah 'Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih; Dia menjawab mereka ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.
   
  Wahai manusia! Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena dosamu, maka ringankanlah dengan sujudmu. Ketahuilah! Allah Ta'ala bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan mengazab orang-orang yang Shalat dan sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka  pada  hari manusia berdiri dihadapan Rabbul 'Alamin.
   
  Wahai manusia ! Barang siapa diantaramu memberi buka kepada orang-orang mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka  disisi Allah nilainya sama dengan  membebaskan seorang budak, dan  ia diberi ampunan  atas dosa-dosa yang lalu."
   
  Sahabat-sahabat bertanya: "Ya Rasulullah! Tidaklah kami semua mampu berbuat demikian."  Rasulullah meneruskan: "Jagalah dirimu dari api neraka, walaupun hanya dengan seteguk air. Wahai manusia! Siapa yang membaguskan akhlaknya pada bulan ini akan berhasil melewati shirat (jembatan menuju surga) pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akan memudahkan pemeriksaan-Nya dihari kiamat. Barang siapa menahan kejelekannya  di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. 
 
·         Barang siapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakannya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. 
·         Barang siapa menyambungkan silaturahmi di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. 
·         Barang siapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. 
·         Barang siapa melakukan shalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari neraka. 
·         Barang siapa melakukan shalat fardhu, baginya ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardhu di bulan lainnya.  
·         Barang siapa memperbanyak shalawat di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangan amal baiknya pada hari ketika timbangan yang lain ringan. 
·         Barang siapa di bulan ini membaca satu ayat Al-Qur'an, sama nilainya dengan mengkhatam Al-Qur'an pada bulan yang lain.
   
  Wahai manusia ! Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar Ia tidak akan pernah menutupkannya lagi. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonkan kepada Tuhanmu agar Ia tidak pernah membukanya bagimu. Setan-setan terbelenggu, maka bermohonlah kepada Tuhanmu agar mereka tidak lagi menguasaimu."
   
  Ali ibn Thalib ra berkata: "Saya bertanya ya Rasullullah, apakah amal (perbuatan) yang terbaik dalam bulan ini?" Beliau menjawab: "Wahai Abu Hasan, amal yang terbaik dalam bulan ini ialah menjauh dari apa yang dilarang Allah."

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khotbah Menyambut Bulan Ramadhan"

Post a Comment