Syeikh Siti Jenar

Tentang Syeikh Siti Jenar 

Assalaamu'alaikum Wr.Wb.

Saya mau menanyakan, Bagaimana menurut pandangan Pak Ustadz tentang ajarannya Syeikh Siti Jenar (manunggaling rogo). Saat ini banyak beredar buku-bukunya.

Wassalaamu'alaikum wr.wb. 

Bieb - Balikpapan 


Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du, 

Wihdatul wujud adalah paham yang mengajarkan bahwa tuhan dan manusia menyatu dalam diri manusia. Ajaran itu sering disebut-sebut diajarkan salah satunya oleh syeh siti Jenar. Dia konon sampai pada ikrar bahwa tuhan menyatu dalam dirinya bahkan dirinyalah tuhan. 

Paham ini jelas merupakan aliran sesat yang diajarkan oleh para zindiq. Mereka yang berikrar dan menjalankan ajaran ini jelas kemurtadannya dan syirik serta ingkar kepada tauhid, karena mengaku tuhan. 

Hukumannya tidak lain adalah dibunuh oleh pengadilan Islam setelah dikonfrontir langsung kepada pemeluk ajaran ini. Bila ternyata terbukti seseorang mengimani ajaran wihdatul wujud ini secara sadar dan terbuka, maka pengadilan berhak menjatuhkan vonis mati kepadanya. 

Itulah yang dulu dijatuhkan oleh para wali (wali songo) kepada Jenar. Saat itu jenar mengakui ajaran itu dan meyakininya dengan sepenuh hati paham ‘manunggaling kawula gusti’ atau menyatunya manusia dengan tuhan. Atas paham sesatnya itu, maka jenar divonis mati karena paham ini sesat dan ajarannya mulai menjangkiti sebagian masyarakat. Demi mencegah menyebarnya ajaran sesat ini, maka penyeru utamanya berhak untuk mati dan langsung bertanggung-jawab di depan Sang Pencipta atas igauannya itu. 

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syeikh Siti Jenar"

Post a Comment