Menjadi Hamba Allah Yang Amanah


oleh : KH Abdullah Gymnastiar

Alhamdulillaahirabbil'aalamiin, Allahuma shalli 'ala Muhammad wa'ala aalihi washahbihii ajmai'iin. 

Saudaraku yang budiman. Mungkin kita akan terpesona, jikalau ada seorang ibu, yang rezekinya tidak seberapa, namun begitu bertanggungjawab kepada anak-anaknya. Kita pun sering terpana kepada seorang guru di desa, yang rela naik turun bukit hanya untuk mengajar murid-murid yang diamanahkan kepada dirinya padahal gajinya tidak seberapa. Kita sering terkesan kepada seorang dokter yang mau menyembuhkan pasien, walaupun pasiennya papa. 

Kagum rasanya, jika kita melihat orang-orang yang bertanggung jawab, penuh pesona, dan penuh kemuliaan seperti itu. Memang inilah salah satu hal yang paling penting diajarkan dalam Islam, yakni menjadi seorang hamba Allah yang amanah.

Untuk itu, marilah kita bertekad, apapun yang diamanahkan Allah kepada diri kita, baik itu berupa akal, ilmu keluarga, lingkungan, ataupun usaha kita, semuanya adalah amanah. Jikalau kita bisa mempertangungjawabkannya dengan sungguh-sungguh, mudah-mudahan Allah pun memberikan amanah yang lebih bermanfaat yang bisa kita pikul. Yang bisa membangun kemuliaan, tidak hanya bagi diri kita tapi juga bagi lingkungannya. 

Percayalah, kita tidak akan rugi menjadi seorang yang bertanggungjawab. Kemuliaan, kesuksesan dunia akhirat memang hanya diberikan oleh Allah bagi hamba-hambanya yang hidup penuh dengan amanah dan penuh dengan rasa tanggungjawab.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjadi Hamba Allah Yang Amanah"

Post a Comment