Kisah Hijrah Nabi Muhammad SAW

Nabi Shallallahu 'alaihi Wa Sallam Berhijrah

Tatkala keputusan keji untuk membunuh Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam telah diambil, turunlah malaikat Jibril membawa wahyu Rabb-nya, memberitahukan kepada beliau perihal persekongkolan kaum Quraisy tersebut dan idzin Allah kepada beliau untuk keluar dari Mekkah (berhijrah). Jibril telah menentukan momen hijrah tersebut sembari berkata, "Malam ini, kamu jangan berbaring di tempat tidur yang biasanya." 


Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam bertolak ke kediaman Abu Bakar di tengah terik matahari untuk bersama-sama menyepakati tahapan hijrah. 'Aisyah radliyallâhu 'anha berkata, "Ketika kami sedang duduk-duduk di kediaman Abu Bakar pada siang hari nan terik, tiba-tiba ada seseorang berkata kepada Abu Bakar, "Ini Rasulullah datang dengan menutup wajah (bertopeng) pada waktu yang tidak biasa beliau mendatangi kita." 


Abu Bakar berkata, "Ayah dan ibuku sebagai tebusan untuknya!, demi Allah! Beliau tidak datang di waktu-waktu seperti ini kecuali karena ada perintah (Allah)." 


'Aisyah melanjutkan, "Lalu Rasulullah datang dan meminta idzin masuk, lantas diidzinkan dan beliaupun masuk. Kemudian Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam berkata kepada Abu Bakar, "Keluarkan orang-orang yang ada di sisimu!." 

Abu Bakar menjawab, "Mereka hanyalah keluargamu, wahai Rasulullah!." 
Beliau berkata lagi, "Sesungguhnya telah diidzinkan kepadaku untuk keluar (berhijrah)." 
Abu Bakar berkata, "Engkau ingin ditemani, wahai Rasulullah?." 
Beliau menjawab, "Ya." 

Dan setelah disepakati rencana hijrah tersebut, Rasulullah pulang ke rumahnya menunggu datangnya malam. 

Blokade Terhadap Kediaman Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam 

Para penjahat kelas kakap Quraisy, menggunakan waktu siang mereka untuk mempersiapkan diri guna melaksanakan rencana yang telah digariskan berdasarkan kesepakatan Parlemen Mekkah "Dâr an-Nadwah" pada pagi harinya. 

Untuk esksekusi tersebut, dipilihlah sebelas orang pemuka mereka, yaitu:
Abu Jahal bin Hisyam 
al-Hakam bin Abil 'Ash 
'Uqbah bin Abil 'Ash 
an-Nadlar bin al-Hârits 
Umayyah bin Khalaf 
Zam'ah bin al-Aswad 
Thu'aimah bin 'Adiy 
Abu Lahab 
Ubay bin Khalaf
Nabih bin al-Hajjaj 

Dan Munabbih bin al-Hajjaj, saudaranya Ibn Ishaq berkata, "Tatkala malam telah gelap, merekapun berkumpul di depan pintu rumah beliau sembari mengintai kapan beliau bangun sehingga dapat menyergapnya." 

Kebiasaan yang selalu Rasulullah lakukan adalah tidur di permulaan malam dan keluar menuju Majid Haram setelah pertengahan atau dua pertiganya untuk shalat di sana. 

Mereka percaya dan yakin benar bahwa persekongkolan keji kali ini akan membuahkan hasil. Hal ini membuat Abu Jahal berdiri tegak dengan penuh keangkuhan dan kesombongan. Dia berkata kepada para rekannya yang ikut memblokade dengan nada mengejek dan merendahkan, "Sesungguhnya Muhammad mengklaim bahwa jika kalian mengikuti ajarannya, niscaya kalian akan dapat menjadi raja-diraja bangsa Arab dan asing sekaligus. Kemudian kelak kalian akan dibangkitkan setelah mati, lalu dijadikan bagi kalian surga-surga seperti suasana sorgawi di lembah-lembah al-Urdun (Yordania). Jika kalian tidak mau melakukannya, maka dia akan menyembelih kalian, kemudian kalian dibangkitkan setelah mati, lalu dijadikan bagi kalian api yang membakar." 

Tanggal main eksekusi persekongkolan tersebut adalah setelah pertengahan malam saat beliau biasa keluar dari rumah. Mereka melewati malam tersebut dengan berjaga-jaga sembari menunggu pukul 00.00. Akan tetapi, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, di tangan-Nya lah urusan lelangit dan bumi, Dia melakukan apa yang dikehendaki-Nya, Dia-lah Yang Maha Melindungi dan tidak ada yang dapat melindungi selain-Nya. Dia telah menetapkan janji yang telah difirmankan-Nya kepada Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam setelah itu, yang berbunyi (artinya): 


"Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Qurais) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu, atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya." (Q.,s. al-Anfâl:30) 

Rasulullah Meninggalkan Rumahnya 

Sekalipun persiapan yang dilakukan oleh kaum Quraisy untuk melaksanakan rencana keji tersebut sedemikian ekstra, namun mereka tetap mengalami kegagalan yang memalukan. Pada malam itu, Rasulullah berkata kepada 'Aliy bin Abi Thalib, "Tidurlah di tempat tidurku, berselimutlah dengan burdah hijau yang berasal dari Hadlramaut, milikku ini. Gunakanlah untuk tidurmu, sebab tidak akan ada sesuatupun yang engkau benci dari mereka yang mampu menjangkaumu." 

Bila akan tidur, biasanya Rasulullah selalu memakai burdah nya tersebut. Malam itu, 'Aliy bin Abi Thalib radliyallâhu 'anhu tidur di atas ranjang dan kediaman Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam. 

Sementara Rasulullah telah berhasil keluar dan menembus barisan-barisan mereka. Beliau memungut setumpuk tanah dari al-Bathhâ`, lalu meneburkannya ke arah kepala mereka. Ketika itu, Allah telah mencabut pandangan mereka dari melihat beliau sehingga tidak dapat melihat beliau. Sedangkan beliau membaca firman-Nya: "Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat." (Q.,s.Yâsîn:9) 

Tidak ada seorang pun yang tersisa. Semuanya beliau taburkan tanah di atas kepalanya. Lalu beliau berlalu menuju kediaman Abu Bakar, kemudian keduanya keluar melalui pintu kecil (celah kecil di bagian belakang) rumah Abu Bakar pada malam hari hingga tembus ke Gua Tsaur yang menuju ke arah ke Yaman. 

Para pemblokade tetap menunggu hingga tiba pukul 00.00 dan menjelang tiba waktu tersebut, tanda-tanda kesia-siaan dan kegagalan sudah nampak bagi mereka. Seorang laki-laki yang tidak ikut-serta dalam pemblokadean tersebut datang dan melihat mereka sedang berada di pintu rumah beliau Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam. Lalu dia menanyai mereka, "Apa gerangan yang kalian tunggu?." Mereka menjawab, "Muhammad." 

Dia berkata, "Sungguh telah sia-sia dan merugilah kalian. Demi Allah, dia telah melewati kalian dan menaburkan tanah ke atas kepala-kepala kalian, lalu pergi memenuhi hajatnya." 

Mereka berkata, "Demi Allah, kami tidak melihatnya!." Sembari mengibas-ngibaskan tanah yang menempel di kepala-kepala mereka. 

Akan tetapi mereka mengintip dari arah pintu dan melihat 'Aliy (mereka mengiranya Muhammad-red.,). Lalu berkata, "Demi Allah, sesungguhnya ini adalah Muhammad yang sedang tidur dan masih memakai burdah-nya." 

Merekapun masih tetap menunggu hingga pagi menjelang. 'Aliy bangun dari tempat tidur. Melihat hal ini, mereka menjadi linglung lalu menanyainya perihal Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam. Dia menjawab, "Aku tidak mengetahui tentangnya." 

Perjalanan Dari Rumah Menuju Gua 

Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam meninggalkan rumah beliau pada malam tanggal 27 shafar tahun 14 kenabian, bertepatan dengan tanggal 12/13 september tahun 622 M. Lalu menuju kediaman rekan setianya, Abu Bakar radliyallâhu 'anhu - sementara kaum Muslimin mendoakan keaman perjalanan dan hartanya-. Kemudian kedua-duanya meninggalkan rumah Abu Bakar tersebut dengan melewati pintu belakang lantas bersama-sama keluar dari Mekkah secepatnya sebelum fajar terbit. 


Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam telah mengetahui bahwa orang-orang Quraisy akan berupaya keras untuk mencarinya dan jalan yang pertama kali akan disisir oleh mereka adalah jalan utama kota Madinah yang menuju ke arah utara. Oleh karena itu, beliau memilih jalan yang berlawanan arah sama sekali, yaitu jalan yang terletak di selatan Mekkah, yang menuju ke arah Yaman. Beliau menempuh jalan ini sepanjang 5 mil, hingga akhirnya sampai ke sebuah bukit yang dikenal dengan bukit Tsaur. Ia adalah bukit yang tinggi, jalannya terjal, sulit didaki dan banyak bebatuan. Kondisi ini membuat kaki Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam lecet (karena tanpa sandal). Ada riwayat yang menyebutkan, bahkan ketika berjalan di jalur tersebut, beliau bertumpu pada ujung-ujung kaki agar jejak perjalanannya tidak tampak, karenanya kedua kaki beliau jadi lecet. Apapun kondisinya, beliau kemudian harus diemban oleh Abu Bakar ketika mencapai bukit. Dan, Abu Bakar mulai memeganginya dengan kencang hingga akhirnya sampai ke sebuah gua di puncak bukit yang di kemudian hari dikenal oleh sejarah dengan nama Gua Tsur.
Nabi Shallallahu 'alaihi Wa Sallam Berhijrah (2) 


Saat Berdua Di Dalam Gua 

Begitu tiba di gua, Abu Bakar berkata, "Demi Allah, jangan engkau masuk dulu sebelum aku masuk; jika ada sesuatu di dalamnya, maka biarlah aku yang mengalaminya saja. Dia masuk lalu menyapunya. Dia menemukan di sampingnya ada beberapa lubang, lantas menyobek kainnya dan menyumbatnya. Kemudian keduanya tinggal dua lagi, lantas menutupnya dengan kedua kakinya. Beliau kemudian berkata kepada Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam, "Masuklah." 

Rasulullah pun masuk dan merebahkan kepalanya di pangkuannya lalu tertidur sementara Abu Bakar disengat pada kakinya dari arah lubang (yang disumbat dengan kakinya tersebut-red.,) namun dia tidak bergerak sedikitpun karena khawatir membangunkan Rasulullah. Kondisi ini membuat air matanya menetes hingga membasahi wajah Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam. Beliau berkata kepadanya, ?da apa denganmu, wahai Abu Bakar?." "Ayah dan ibuku menjadi tebusanmu, wahai Rasulullah! Aku telah disengat ", jawabnya. Lantas Rasulullah meludah kecil ke arah bekas sengatan tersebut sehingga apa yang dirasakannya hilang sama sekali. 

Keduanya tinggal di dalam gua tersebut selama tiga malam; dari malam Jum'at, Sabtu hingga malam Ahad. Sementara pada malam-malam itu, 'Abdullah, putra Abu Bakar mendampingi mereka berdua. 'Aisyah bertutur, "Dia seorang anak yang sudah menginjak usia baligh, cerdas dan cepat paham. Dia berjalan pada penghujung malam mengunjungi keduanya sehingga dia seakan-akan sama-sama bermalam dengan orang-orang Quraisy. Semua perintah yang disiasati oleh keduanya terhadapnya dapat dicernanya dengan baik. Dia membawa berita tentang hal itu kepada keduanya ketika sudah bercampur gelap. 'Amir bin Fuhairah, mawla Abu Bakar menggembalakan kambing perah untuk keduanya (Rasulullah dan Abu Bakar-penj.,), dan mengistirahatkannya untuk sesaat di malam hari sehingga keduanya dapat bermalam sembari meminum dari perahan susu kambing tersebut, kemudian 'Amir bin Fuhairah memanggil keduanya pada akhir malam. Dia melakukan hal itu selama tiga malam tersebut. 

Setelah 'Abdullah bin Abu Bakar pulang ke Mekkah, 'Amir bin Fuhairah menggiring kambingnya untuk mengikuti jejaknya guna menghapusnya. 

Sementara kaum Quraisy semakin menjadi-jadi kegilaannya manakala mengetahui secara pasti pada pagi harinya lolosnya Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam dari eksekusi persekongkolan yang mereka lakukan. Tindakan pertama yang mereka lakukan adalah memukuli 'Aliy, menyeretnya ke Ka'bah dan mengurungnya untuk sesaat sebagai upaya mendapatkan informasi tentang keduanya. 

Manakala tindakan mereka terhadap 'Aliy tidak membuahkan hasil, mereka mendatangi rumah Abu Bakar lalu mengetuk pintunya. Ketika itu, Asma` biinti Abu Bakar keluar menemui mereka, lantas mereka berkata kepadanya, "Mana ayahmu?." 
"Demi Allah, saya tidak tahu, kemana ayahku." Jawabnya. 

Abu Jahal mengangkat tangannya -dia ini dikenal orang yang berperangai jorok dan tak senonoh- lantas menampar pipi Asma` dengan sebuah tamparan yang menyebabkan anting-antingnya jatuh. Di dalam sidang istimewanya, orang-orang Quraisy memutuskan untuk menggunakan berbagai sarana guna menangkap kedua orang tersebut. Mereka menjadikan semua jalur menuju kota Mekkah dari semua penjuru di bawah pengawasan yang superketat dan bersenjata. Selain itu, mereka juga memutuskan untuk memberikan hadiah besar senilai 100 ekor onta sebagai harga mati untuk masing-masing keduanya bagi siapa saja yang dapat membawa keduanya ke hadapan orang-orang Quraisy, apapun kondisinya; dalam keadaan hidup ataupun mati. 

Ketika itulah, para pasukan berkuda, pejalan kaki dan pelacak jejak sama-sama bergiat untuk melakukan pencarian dan menyebar sampai ke lereng-lereng perbukitan, lembah, dataran rendah dan tinggi namun hal itu tidak membuahkan hasil dan manfa'at. 

Para pelacak tersebut telah sampai pula ke mulut gua akan tetapi Allah Maha Menguasai urusan-Nya. 

Imam al-Bukhariy meriwayatkan dari Anas dari Abu Bakar, dia berkata, "Aku berada di sisi Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam di gua, lalu aku mengangkat kepalaku. Ternyata, di situ ada kaki-kaki mereka. Lantas aku berkata, 'Wahai Rasulullah! Andaikata sebagian mereka menoleh ke bawah pasti dia dapat melihat kita.' Beliau berkata, 'Diamlah, wahai Abu Bakar! Kita berdua tapi Yang ketiganya adalah Allah." Di dalam lafazh riwayat yang lain, 'Apa pendapatmu, bila ada dua orang sedangkan Yang ketiganya adalah Allah?.' " 

Kejadian tersebut merupakan mukjizat yang dianugerahkan oleh Allah kepada nabi-Nya dalam rangka memuliakannya padahal para pelacak tersebut hanya beberapa langkah lagi mencapai diri beliau. 

Perjalanan Menuju Madinah 

Manakala spirit untuk mencari sudah mulai mengedur dan aktifitas patroli pemeriksaan sudah dihentikan serta gejolak emosi kaum Quraisy sudah mulai reda setelah secara kontinyu dan serius pelacakan dilakukan selama tiga hari tanpa membuahkan hasil, Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam dan shahabat setianya tersebutpun keluar menuju Madinah. 

Sebelumnya, mereka berdua telah menyewa 'Abdullah bin Uraiqith al-Laytsiy, yang merupakan gaet berpengalaman di dalam menelusuri jalan. Dia ketika itu masih menganut agama kaum Kafir Quraisy namun keduanya menaruh kepercayaan kepadanya dan menyerahkan kedua onta mereka kepadanya. Setelah itu, mereka berdua membuat perjanjian dengannya untuk bertemu di gua Tsaur setelah tiga malam dengan membawa kedua onta tersebut. Maka, tatkala malam senin, awal bulan Rabi'ul Awwal tahun 1 H atau bertepatan dengan 16 september tahun 622 M, 'Abdullah bin Uraiqith menemui keduanya dengan membawa kedua onta itu. Ketika itu, Abu Bakar berkata kepada Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam, "Wahai Rasulullah, gunakanlah salah satu dari dua ontaku ini." Dia menyerahkan kepada beliau yang terbaik dari keduanya. Lalu Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam berkata kepadanya, " (Aku bayar) Dengan harga." 

Asma` binti Abu Bakar mendatangi keduanya dengan membawa bekal makanan namun lupa mengikatnya dengan tali. Tatkala keduanya sudah berangkat, dia pergi untuk mengikat bekal makanan tersebut namun ternyata tidak memakai tali, lalu dia menyobek ikat pinggannya menjadi dua bagian, satu bagian dia ikatkan ke bekal makanan tersebut dan yang satu lagi untuk dipakainya. Ketika itulah dia kemudian dijuluki Dzâtun Nithâqain (pemilik dua ikat pinggang). Kemudian Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam dan Abu Bakar berangkat, ikut serta juga bersama mereka 'Amir bin Fuhairah. Mereka semua dibimbing oleh 'Abdullah bin Uraiqith dengan menempuh jalur pantai (pesisir). 

Begitu keluar dari gua, jalur pertama yang dibidiknya untuk membimbing mereka adalah arah selatan menuju Yaman, kemudian ke arah Barat menuju pesisir. Lalu setelah tembus ke jalan yang tidak pernah dijejaki orang, dia menuju arah utara, dekat pinggir pantai Laut Merah. Jalur ini sangat jarang ditempuh orang. 

Ibn Ishaq menyebutkan lokasi-lokasi yang pernah dilalui oleh Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam di jalur tersebut. Dia berkata, " Tatkala gaet (penunjuk jalan) membimbing keduanya keluar, dia membawa mereka berdua menelusuri jalur dataran rendah kota Mekkah, kemudian menempuh kawasan pesisir hingga menjumpai jalan tembus arah bawah dari 'Asfan, lalu bergerak lagi menuju jalan bawah Amaj, kemudian dia meminta izin kepada keduanya untuk melintas hingga akhirnya menjumpai jalan tembus setelah melintasi Qudaid, kemudian membawa keduanya melintasi dari tempatnya tersebut, lalu mereka menelusuri al-Kharar, lalu menelusuri Tsunayyatul Murrah, lalu berjalan menuju Laqfa, kemudian melewati Mudlijah Laqaf, kemudian membawa keduanya memasuki Mudlijah Mujaj, kemudian menelusuri Marjah Muhaj, kemudian memasuki ke pedalaman Marjah Dzil Ghudlwain, kemudian memasuki Dzi Kasyr, kemudian membawa keduanya menuju al-Jadâjid, lalu al-Ajrad, kemudian menelusuri Dza Salam yang merupakan pedalaman musuh suku Mudlijah Ta'han, kemudian menuju al-'Abâbid, kemudian melewati al-Fajah, kemudian menuruni al-'Araj, kemudian menelusuri Tsunayyah al-'A`ir -posisi kanan Rukubah- hingga akhirnya menuruni pedalaman Ri`m, kemudian akhirnya bersama keduanya tiba di Quba`."

Nabi Shallallahu 'alaihi Wa Sallam Berhijrah (3) 

Berikut kami paparkan sebagian peristiwa yang terjadi dalam perjalanan tersebut: 

1. Imam al-Bukhariy meriwayatkan dari Abu Bakar ash-Shiddiq radliyallâhu 'anhu, dia berkata, "Kami telah melakukan perjalanan sepajang malam dan dari keesokan harinya hingga hari mencapai suhu udara yang amat terik, jalanan lengang dan tidak satupun pelalu lalang. Lalu aku mengangkat sebuah batu besar yang berukuran panjang dan dapat dinaungi sehingga tidak tersengat oleh terik matahari, lalu kami singgah untuk berteduh di sana. Aku meratakan tempat dengan tanganku sendiri untuk Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam sehingga beliau dapat tidur, lalu aku bentangkan hamparan yang terbuat dari bulu binatang, sembari berkata, "Tidurlah, wahai Rasulullah! Aku akan mengontrol kondisi di sekelilingmu." Lantas beliau tertidur dan aku mengontrol kondisi di sekelilingnya, tiba-tiba saya melihat seorang penggembala sedang menggiring kambingnya menuju batu besar tersebut juga, dia ingin melakukan seperti yang kami lakukan. Lalu aku bertanya kepadanya, "Kamu menggembalakan untuk siapa, wahai anakku." 

Dia menjawab, "Seorang dari penduduk Madinah." (Dalam versi lain, "dari penduduk Mekkah.") 
Aku bertanya, "Apakah kambing yang kamu gembalakan ada air susunya?." 
Dia menjawab, "Ya." 
Aku berkata, "Apakah dapat diperah?." 
Dia menjawab, "Ya." 
Lalu dia mengambil seekor kambing. 
Aku berkata, "Perahlah susunya hingga tidak bersisa dan (hindari) dari tanah, bulu dan debu halus di matanya." 

Lalu dia memerah semua air susu yang terkumpul pada setiap persendiannya. Saya memiliki wadah kecil berisi air dan membawanya kepada Nabi untuk beliau minum dan berwudlu darinya. Aku mendatanginya namun mendapatkannya masih tertidur sehingga aku tidak ingin membangunkannya, lalu setelah beliau terjaga barulah aku memberikannya. Aku menuangkan air ke susu sehingga bagian bawahnya menjadi dingin. Lalu aku berkata, "Minumlah, wahai Rasulullah!." 
Dia pun meminumnya hingga aku puas dengan hal itu, kemudian beliau berkata, "Bukankah sudah waktunya berangkat?." 
Aku menjawab, "Benar." 
Dia (Abu Bakar) berkata, "Lalu kamipun berangkat." 

2. Diantara kebiasaan yang dilakukan oleh Abu Bakar adalah selalu membonceng Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam. Hal ini, karena beliau seorang sepuh yang sudah dikenal sementara Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam masih muda dan belum dikenal. Seorang laki-laki berkata kepada Abu Bakar, "Siapa laki-laki yang bersamamu ini?." 

Dia menjawab, "Orang ini menunjukiku jalan." 

Maksud Abu Bakar, "menunjuki jalan kebaikan." Namun orang tersebut mengira hanya sekedar menunjuki jalan (yang ditelusuri). 

3. Rasulullah dan Abu Bakar diincar oleh Suraqah bin Malik. Suraqah bertutur, "Tatkala aku sedang duduk-duduk di majlis kaumku, Bani Mudlij, datanglah seorang laki-laki dari mereka hingga berdiri di hadapan kami yang masih duduk-duduk sembari berkata, 'Wahai Suraqah! Barusan aku telah melihat para musuh di pesisir. Aku kira mereka itu Muhammad dan para shahabatnya. Lalu tahulah aku bahwa memang mereka orangnya. Lantas aku berkata kepadanya, 'Sesungguhnya yang kamu lihat bukan mereka akan tetapi kamu melihat si fulan dan si fulan yang berangkat di depan mata kita. Kemudian aku berdiam di majlis sesaat, lalu berdiri dan masuk lagi. Lantas aku menyuruh budak wanitaku agar mengeluarkan kudaku yang berada di belakang bukit, lalu dia menahannya untukku. 

Aku mengambil tombakku lantas keluar melalui bagian belakang rumah, aku membuat garis di tanah dengan kepala tombakku, dan menurunkan bagian atasnya hingga aku menghampiri kudaku lantas menunggangnya. Aku mengendalikannya agar membawaku lebih dekat hingga aku mendekat dari mereka namun kudaku terjungkal sehingga aku terjatuh darinya, lalu aku berdiri sembari tanganku memegangi busur panah lalu mengeluarkan anak-anak panah lantas mengundinya; apakah aku harus mencelakai mereka atau tidak?. 

Namun undian yang keluar justeru yang tidak aku sukai, lantas aku menunggangi kudaku lagi dan tidak mempedulikan perihal undian yang keluar tadi, kudaku membawaku mendekat hingga bilamana aku mendengar bacaan Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam sementara beliau dalam kondisi tidak menoleh, hanya Abu Bakar yang lebih banyak menoleh, maka terperosoklah kedua lengan kudaku ke dalam perut bumi hingga sebatas lutut yang membuatku terjatuh lagi darinya, kemudian aku menderanya, lalu iapun bangkit lagi namun kedua lengannya itu hampir tidak dapat dikeluarkan. 

Tatkala ia sudah berdiri tegak, tiba-tiba bekas kedua lengannya tadi menimbulkan debu yang mengepul di langit seperti asap, lantas aku mengundi dengan anak-anak panah lagi, namun sekali lagi yang keluar adalah yang justeru aku benci, lantas aku berteriak memanggil mereka bahwa mereka aman. Merekapun menghentikan langkah, lalu aku menunggangi kudaku hingga menemui mereka. Ketika aku bertemu dan mengingat apa yang aku alami barusan saat tertahan dari menjamah mereka, terbersitlah di dalam diriku bahwa apa yang dibawa Rasulullah ini akan mendapatkan kemenangan. 

Lalu aku berkata kepadanya, 'Sesungguhnya kaummu telah menjadikan tebusan terhadap dirimu.' Aku juga memberitahukan mereka perihal apa yang akan diinginkan orang-orang terhadap mereka. Lantas aku menawarkan mereka perbekalan dan barang, namun beliau tidak melakukan tawaran terhadapku dan tidak menanyaiku kecuali hanya berkata, 'Ringankan harganya dari kami.' Lalu aku memintanya agar menuliskan rekomendasi perlindungan untukku, maka beliau memerintahkan 'Amir bin Fuhairah untuk menuliskannya, lalu dia menulisnya untukku pada secarik kulit. Kemudian Rasulullah pun pergi berlalu." 

Dalam riwayat yang lain dari Abu Bakar, dia berkata, "Kami berangkat sementara orang-orang Quraisy menguber kami namun tidak seorangpun yang berhasil menemui kami selain Suraqah bin Malik bin Ju'syum yang menunggangi kudanya. Lalu aku berkata, 'Pelacakan ini telah mencapai kita, wahai Rasulullah!.' Lantas beliau membaca firman-Nya (artinya), 'Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.'[Q.s.,at-Tawbah:40] " 

Suraqah kemudian pulang dan mendapatkan orang-orang masih mengadakan pencarian. Lalu dia berujar, "Aku sudah mendapatkan berita pasti tentangnya untuk kalian, sehingga sudah cukuplah bagi kalian hingga disini." Dalam hal ini, di pangkal hari dia sebelumnya sebagai orang yang gigih mencari (menguber) keduanya namun di penghujungnya justeru menjadi pelindung bagi keduanya. 

4. Dalam perjalanannya tersebut, beliau melewati kemah Ummu Ma'bad al-Khuza'iyyah. Dia seorang wanita yang cerdas dan pekerja ulet, sudah terbiasa hidup di halaman kemahnya, kemudian memberi makan dan minum pelalu lalang di sana. Lantas mereka berdua bertanya kepadanya apakah dia memiliki sesuatu?. 

Dia menjawab, "Demi Allah, andaikata kami memiliki sesuatu niscaya kami tidak akan kikir menjamu kalian apalagi orang yang menginginkannya adalah seorang asing." Ketika itu merupakan tahun paceklik. 

Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam memandang ke arah seekor domba yang ada di samping kemah, sembari bertanya, "Bagaimana kondisi domba ini, wahai Ummu Ma'bad?." 
Dia menjawab, "Ia adalah domba yang tak mampu lagi mencari makan." 
Beliau bertanya, "Apakah ia masih memiliki air susu?." 
Dia menjawab, "Bahkan kondisinya lebih parah lagi." 
Beliau berkata, "Apakah kamu mengizinkanku untuk memerah susunya?." 
"Ya, wahai Rasulullah. Bila engkau melihat ia memang memiliki air susu, maka perahlah." 

Lalu Rasulullah memerah putingnya dengan tangannya, membaca Bismillah dan berdoa. Maka mengembanglah putingnya dan mengalirlah air susunya dengan banyak. Lalu beliau mengambil bejana milik Ummu Ma'bad yang biasa disuguhkan kepada rombongan pejalan. Beliau memerahkan ke dalamnya hingga domba itu mengoak kencang, lalu beliau memberinya minum dan minumlah ia hingga kenyang, kemudian beliau memberi minum para shahabatnya hingga merekapun kenyang, kemudian barulah beliau minum. Setelah itu, beliau memerahnya lagi hingga bejanapun penuh, kemudian dia menyisakannya untuk Ummu Ma'bad dan merekapun berangkat. 

Tak berapa lama datanglah suaminya, Abu Ma'bad, menggiring kambing-kambing yang kurus lagi kerempeng. Tatkala melihat ada air susu, dia terkejut sembari bertanya, "Dari mana engkau dapatkan ini? Padahal yang menginginkannya itu adalah orang asing dan di rumah tidak ada susu?." 

Sang isteri menjawab, "Demi Allah, tidak demikian. Hanya saja barusan seorang laki-laki yang diberkahi melewati perkemahan kita. Diantara ucapannya begini dan begini, kondisinya begini dan begini." 

Suaminya berkata, "Demi Allah, sesungguhnya aku berpendapat dia adalah orang yang dicari-cari oleh orang-orang Quraisy. Tolong kamu sebutkan ciri-cirinya kepadaku, wahai Ummu Ma'bad!." 

Lalu dia menyebutkan ciri-cirinya yang memiliki sifat yang menawan hati, ucapan yang mempesona seakan orang yang mendengarnya melihatnya langsung di hadapannya. Dalam hal ini, kami akan memaparkan penjelasan mengenai ciri-ciri fisik beliau Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam pada halaman-halaman terakhir buku ini. 

Lalu Abu Ma'bad berkata, "Demi Allah, inilah orang yang urusannya disebut-sebut oleh orang-orang Quraisy. Aku ingin sekali menemaninya dan berniat akan melakukan hal itu bila ada kesempatan. Lalu mereka mendengar suara melengking di Mekkah sementara mereka tidak dapat melihat pengucapnya, 

Semoga Allah, Rabb 'Arasy membalasnya sebaik-baik balasan 
Dua sejawat telah singgah di kemah Ummu Ma'bad 
Keduanya mampir membawa dan berangkat dengan kebajikan 
Sungguh beruntunglah orang yang menjadi pendamping Muhammad 
Wahai orang yang jauh, tidaklah Allah palingkan dari kalian 
Prilaku baik dan kehormatan diri yang tiada tertandingi 
Untuk menghinakan Bani Ka'b menggantikan pemudi mereka 
Posisinya mendapat perhatian oleh kaum Mukminin 
Tanyakan wanita kalian perihal domba dan bejananya 
Sungguh jika kalian tanyakan domba, maka ia akan bersaksi 

Asma' berkata, "Kami tidak mengetahui ke mana Rasulullah pergi tatkala laki-laki dari bangsa Jin menyongsong dari arah bawah Mekkah, lalu melantunkan untaian bait-bait ini, sementara orang-orang mengikutinya dan mendengarnya namun tidak dapat melihatnya hingga kemudian dia muncul dari arah atasnya." 

Dia melanjutkan, "Tatkala kami mendengar ucapannya, tahulah kami ke mana Rasulullah pergi, yaitu ke arah Madinah." 

5. Di dalam perjalanan, Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam bertemu dengan Buraidah al-Hashib al-Aslamiy yang membawa serta bersamanya 80 keluarga. Dia menyatakan keislamannya bersama mereka. Rasulullah melakukan shalat 'Isya, lalu mereka bermakmum dengan beliau. Buraidah tinggal di negeri kaumnya hingga seusai perang Uhud, barulah mendatangi Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam. 

Dari 'Abdullah bin Buraidah bahwasanya Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam selalu optimis dan tidak pernah memiliki kepercayaan "Thiyarah" (percaya kepada pertanda baik atau buruk berdasarkan arah terbang burung). Buraidah berangkat bersama 70 orang penunggang kuda dari sukunya, Bani Sahm. Lalu dia menemui Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam, lantas beliau bertanya kepadanya, "Dari siapa kamu?." Dia menjawab, "Aslam." Lalu beliau berkata kepada Abu Bakar, "Kita telah selamat." 

Kemudian beliau berkata lagi, "Dari Bani apa?." Dia menjawab, "Bani Sahm." Beliau berkata, "Kalau begitu, telah keluarlah Sahm-mu (bagian dari perolehan ghanimah Uhud). 

6. Rasulullah melewati Abu Aus, Tamim bin Hajar (dalam versi riwayat yang lain, Abu Tamim, Aus bin Hajar) di suatu tempat bernama Qahdâwât yang terletak antara Jahfah dan Harsyi - di 'Araj -. Beliau telah membuat jalan onta menjadi lamban karena bersama-sama Abu Bakar menunggangi satu onta saja. Lalu Aus membawanya ke onta jantan miliknya dan mengirim seorang budaknya bersama mereka berdua. Budak ini bernama Mas'ud. Dia berkata kepada budaknya ini, "Telusurilah jalan bersama keduanya karena kamu banyak mengetahui seluk-beluk jalan dan jangan berpisah dengan mereka." Lalu dia menelusuri jalan bersama mereka berdua hingga membawa keduanya memasuki Madinah. 

Kemudian, Rasulullah mengembalikan Mas'ud kepada tuannya dan menyuruhnya agar meminta Aus menghiasi ontanya di bagian leher dengan tali kuda, yaitu dua lingkaran, lalu beliau memanjangkan antara keduanya, maka jadilah ia sebagai ciri khas mereka. Tatkala kaum Musyrikun datang saat perang Uhud, Aus mengirim budaknya, Mas'ud bin Hunaidah dari arah 'Araj dengan berjalan kaki untuk memberitahukan perihal orang-orang Quraisy tersebut kepada Rasulullah. Hal ini disebutkan oleh Ibn Mâkula dari ath-Thabariy. Mas'ud ini sudah masuk Islam setelah kedatangan Rasulullah di Madinah dan tinggal di 'Araj. 


7. Di dalam perjalanan juga, tepatnya di sebuah pedalaman Rîm, Rasulullah berjumpa dengan az-Zubair yang ikut dalam rombongan kaum Muslimin. Mereka ini adalah para pedagang yang ingin berangkat menuju kawasan Syam. Lalu az-Zubair mengenakan untuk Rasulullah dan Abu Bakar pakaian yang putih.

Nabi Shallallahu 'alaihi Wa Sallam Berhijrah (4) 


Singgah Di Quba`

Pada hari senin, 8 Rabi'ul Awwal tahun 14 dari kenabian, yaitu tahun pertama dari Hijrah. Yaitu bertepatan dengan 23 September 622 M, Rasulullah pun singgah di Quba`. 

'Urwah bin az-Zubair berkata, "Kaum Muslimin di Madinah mengetahui keluarnya Rasulullah dari Mekkah. Setiap pagi, mereka pergi ke al-Harrah (tapal perbatasan) menunggu kedatangan beliau hingga mereka terpaksa harus pulang karena teriknya matahari. Suatu hari mereka juga terpaksa pulang setelah lama menunggu kedatangan beliau. Tatkala mereka sudah beranjak ke rumah masing-masing, seorang laki-laki Yahudi mengintip dari salah satu tembok rumah mereka untuk mengetahui urusan yang ditunggu-tunggu tersebut, lalu dia melihat Rasulullah dan para shahabatnya yang dalam kondisi cerah seakan fatamorgana perjalanan telah hilang, maka orang Yahudi ini tidak dapat menahan untuk berteriak sekencang-kencangnya, "Wahai kaum Arab! Ini apa yang kamu tungggu sudah datang." Kaum Musliminpun serta-merta bangkit membawa senjata. Mereka menemui Rasulullah di tapal perbatasan itu. 

Ibn al-Qayyim berkata, "Dan terdengarlah suara bercampur-aduk dan pekik takbir di perkampungan Bani 'Amr bin 'Auf. Kaum Muslimin memekikkan takbir sebagai ungkapan kegembiraan atas kedatangan beliau dan keluar menyongsong beliau. Mereka menyambut dengan salam kenabian, mengerumuni beliau sembari berkeliling di seputarnya sementara ketenangan telah menyelimuti diri beliau dan wahyupun turun. Allah berfirman (artinya), "maka sesungguhnya Allah adalah Pelindungnya dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang mu'min yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula." (Q.s., at-Tahrîm:4) 

'Urwah bin az-Zubair berkata, "Maka mereka menemui Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam, lantas beliau bersama mereka berjalan berbarengan ke arah kanan hingga singgah di perkampungan Bani 'Amr bin 'Auf. Hal ini terjadi pada hari Senin, bulan Rabi'ul Awwal. Abu Bakar berdiri menyongsong orang-orang sementara Rasulullah duduk dan diam. Maka orang-orang yang datang dari kalangan Anshor dan belum pernah melihat Rasulullah mengucapkan salam (mendatangi) Abu Bakar (karena mengira dia adalah Rasulullah-penj.,) hingga kemudian sinar matahari mengenai Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam. Karenanya, Abu Bakar langsung menghadap beliau dan menaungi beliau dengan pakaiannya. Maka ketika itu, tahulah orang-orang siapa Rasulullah." 

Seisi Madinah semuanya berangkat untuk menyambut. Ketika itu memang betul-betul hari yang dipersaksikan. Momen yang tidak pernah disaksikan oleh Madinah sepertinya sepanjang sejarahnya. Orang-orang Yahudi telah melihat kebenaran berita gembira yang diinformasikan oleh Habqûq, Nabi mereka, yang menyebutkan, "Sesungguhnya Allah datang dari at-Tîmân dan al-Qaddus datang dari bukit Fârân." 

Di Quba`, Rasulullah singgah di kediaman Kultsum bin al-Hadm. Dalam versi riwayat yang lain tertulis 'Sa'd bin Khaitsamah namun riwayat pertama lebih valid. Sementara 'Aliy bin Abi Thalib tinggal di Mekkah selama tiga kali sehingga dia bisa menggantikan Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam dalam menunaikan titipan-titipan orang-orang yang diamanahkan kepada beliau. Kemudian barulah dia berhijrah dengan berjalan kaki hingga akhirnya berjumpa dengan keduanya di Quba` dan singgah juga di kediaman Kultsum bin al-Hadm. 

Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam tinggal di Quba` selama empat hari; Senin, Selasa, Rabu dan Kamis. Selama itu, beliau mendirikan Masjid Quba` dan shalat di dalamnya. Inilah masjid pertama yang didirikan atas pondasi Taqwa setelah kenabian. Maka begitu masuk hari ke-lima, yakni Hari Jum'at, beliaupun berangkat lagi atas perintah Allah bersama Abu Bakar yang memboncengnya. Beliau juga mengutus orang untuk menemui Bani an-Najjar -para paman beliau dari pihak ibundanya-. Merekapun datang dengan menghunus pedang. Beliau berjalan menuju al-Madinah namun ketika di perkampungan Bani Salim bin 'Auf, waktu Jum'at sudah masuk, lalu beliau melakukan shalat Jum'at bersama mereka di Masjid yang berada di perut lembah itu. Mereka semua berjumlah seratus orang laki-laki. 

Memasuki Kota Madinah 

Seusai shalat Jum'at, Nabi Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam memasuki kota al-Madinah. Dan dari sejak hari itu, kota Yatsrib dinamakan dengan Madinatur Rasul Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam (kota Rasulullah) yang kemudian diungkapkan dengan al-Madinah supaya lebih ringkas. Hari itu adalah hari bersejarah yang amat agung. Rumah-rumah dan lorong-lorong ketika itu bergemuruh pekikan Tahmid dan Taqdis (penyucian). Wanita-wanita Anshor menyanyikan bait-bait berikut sebagai ekspresi kegembiraan dan keriangan. * 

Bulan Purnama telah menyinari kita 
dari Tsaniyyatul Wadâ' 
Kita wajib bersyukur 
Selama ada yang berdoa kepada Allah 
Wahai orang yang diutus kepada kami 
Engkau telah membawa perkara yang dita'ati

Sekalipun orang-orang Anshor bukan orang-orang yang serba berkecukupan (kaya raya) namun masing-masing individu bercita-cita rumahnya disinggahi oleh Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam. Saat melewati satu per-satu rumah orang-orang Anshor, mereka mengambil tali onta beliau, begitu juga perbekalan, perlengkapan, senjata dan tameng. Setiap mereka lakukan demikian, beliau selalu berkata kepada mereka, "Biarkan ia lewat karena ia telah diperintahkan (sesuai kehendak Allah-penj.,). 

Onta ini masih saja berjalan bersama Rasulullah yang menungganginya hingga mencapai lokasi masjid Nabawi sekarang ini, lalu ia duduk sementara beliau belum turun darinya hingga ia bangkit lagi dan berjalan sedikit lagi, kemudian ia menoleh lantas kembali lagi dan duduk di posisi semula. Barulah beliau turun darinya. Itu adalah kediaman Bani an-Najjar, para paman beliau dari pihak ibundanya. Hal tersebut merupakan taufiq Allah kepada mereka. Sesungguhnya beliau sangat ingin singgah di rumah para pamannya tersebut agar dapat memuliakan mereka dengan hal itu. Orang-orang menawari Rasulullah agar singgah di kediaman mereka. Lalu Abu Ayyub al-Anshoriy bergegas mengambil sarung pelana milik beliau dan membawanya masuk ke rumahnya. Maka, Rasulullah berkata, "Seseorang akan ikut bersama sarung pelananya." Lantas datanglah As'ad bin Zurarah sembari mengambil kendali ontanya yang kebetulan berada di sisinya. 

Dan dalam riwayat Anas pada Shahîh al-Bukhariy disebutkan, "Nabi Allah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam berkata, 'Mana rumah keluarga kami yang lebih dekat?.' Maka berkatalah Abu Ayyub, 'Aku wahai Rasulullah! Ini rumahku dan ini pintunya.' Kemudian dia pergi, lalu disiapkanlah untuk kami tempat tidur siang. Beliau berkata, 'Bangunlah kalian berdua atas berkah Allah.'" 

Setelah beberapa hari, sampai pula isteri beliau, Saudah; kedua putri beliau, Fathimah dan Ummu Kultsum; Usamah bin Zaid dan Ummu Ayman. Bersama mereka juga berangkat 'Abdullah bin Abu Bakar beserta keluarga besar Abu Bakar, diantarannya 'Aisyah. Sementara Zainab masih tinggal bersama Abul 'Ash, suaminya. Dia tidak dapat berangkat hingga usai perang Badar, barulah dapat melakukannya. 

'Aisyah menuturkan, "Tatkala Rasulullah tiba di al-Madinah, Abu Bakar dan Bilal diserang sakit, lalu aku mengunjungi keduanya sembari berkata, 'Wahai ayahanda! Bagaimana keadaanmu? Wahai Bilal! Bagaimana keadaanmu?.' Bila diserang demam, Abu Bakar selalu bersenandung, 

Setiap orang selalu berada di sisi keluarganya 
Sementara kematian lebih dekat daripada tali sandalnya

Sementara bila demam sudah hilang dari Bilal, dia mengencangkan suaranya sembari melantunkan, 

Semoga saja aku menghabiskan suatu malam 
Di suatu lembah dan disekelilingku 'Idzkhir' dan orang mulia 
Semoga saja suatu hari aku membawa air dari Majinnah 
Semoga saja tanda dan bayangan tampak bagiku 

'Aisyah berkata, "Lalu aku mendatangi Rasulullah sembari menginformasikannya. Beliaupun bersabda, 'Ya Allah, anugerahilah kecintaan terhadap al-Madinah kepada kami sebagaimana kecintaan kami kepada Mekkah bahkan lebih dari itu lagi, jadikanlah ia tempat yang sehat, berkahilah sha' dan mudd (timbangan) penduduknya serta pindahkanlah penyakit demam yang ada di dalamnya ke Jahfah." 

Hingga disini, berakhirlah satu bagian dari kehidupan Rasulullah Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam dan rampunglah fase Dakwah Islamiyyah, yang merupakan fase Mekkah. 

* Ibn al-Qayyim menyebutkan bahwa sya'ir-sya'ir tersebut dilantunkan sekembalinya beliau Shallallâhu 'alaihi Wa Sallam dari Tabuk dan menganggap orang yang mengatakan hal itu dilakukan ketika beliau mendatangi al-Madinah adalah Wahm (ngawur). Lihat, Zâdul Ma'âd, Ibid., (III:10). Akan tetapi Ibn al-Qayyim tidak menguatkan statementnya bahwa itu wahm dengan argumentasi yang memuaskan. Dalam pada itu, al-'Allamah al-Manshurfuriy telah menguatkan pendapat yang menyatakan bahwa hal itu terjadi ketika kedatangan Nabi di al-Madinah dan argumentasi-argumentasinya cukup meyakinkan. Lihat, Rahmatan Lil 'Alamîn, (I:106) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Hijrah Nabi Muhammad SAW"

Post a Comment