Informasi Yang Benar

oleh : KH Abdullah Gymnastiar

Alhamdulillaahirabbil'aalamiin, Allahuma shalli 'ala Muhammad waala aalihi washaabihii ajmai'iin.

Saudaraku yang budiman, tidak mudah orang bisa menyampaikan informasi yang benar walaupun niatnya baik karena orang mudah lupa dan keterbatasan mengingat, apalagi orang yang sudah berniat buruk yang mengemas kepentingan nafsu, kepentingan pribadinya.

Mulai saat ini kita harus semakin terampil, setiap kita mendengar informasi apalagi yang berkaitan dengan mengambil sebuah keputusan. “Dengarkan dengan baik”?, simak, kalau perlu rekam, sehingga kita punya data yang akurat. 

Tahap selanjutnya, biasakan untuk cek dan ricek jangan sampai kita mengambil keputusan hanya karena informasi yang sepihak, hanya karena orang-orang yang tidak kredibel dan kita akan melakukan tindakan yang akan merugikan orang lain.

Agama kita menganjurkan untuk tabayun, jangan sampai kita menimpakan musibah kepada satu kaum yang tidak kita ketahui kebenarannya dan yang tidak kalah pentingnya selalu bertawakkal kepada Allah. 

Karena Allah-lah asal semua kebenaran, Allah Maha Mendengar setiap apapun yang dikatakan, Allah Maha Tahu setiap informasi yang disebarkan. Barangsiapa yang mendengarkan dengan baik kroscek dengan seksama, kemudian kita bertawakkal kepada Allah, berlindung kepada Allah, agar kita selalu bisa mengambil keputusan dari sumber informasi yang benar yang bisa dipertanggungjawabkan dengan niat yang benar. 

Kita harus terbiasa menyampaikan informasi yang benar, informasi yang bisa dipertanggungjawabkan agar tidak tersebar fitnah yang berasal dari mulut kita, semoga Allah Yang Maha Agung memelihara lisan kita, memelihara kemampun kita menerima informasi.Wallahu'alam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Yang Benar"

Post a Comment