Anak Kecil Bertanya Allah Dimana

Bagaimana cara menjawab pertanyaan anak-anak, yang berkenaan dengan masalah. Allah dimana, seperti Apa, dan bentuknya seperti apa? bagaimana cara orang tua menjelaskan hal yang demikian tersebut. 

Syafi'i Al-jadid - Jl.gajayana No.50 


Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du, 

Silahkan anda jawab sesuai dengan apa yang diberitakan oleh Allah sendiri tentang keberadaan-Nya. Di dalam Al-Quran yang merupakan wahyu dari Allah SWT kepada semua manusia, Allah telah menyebutkan bahwa Dia berada di suatu tempat. 

Silahkan buka Al-Quran dan carilah surat ke-67 yaitu Surat Al-Mulk ayat 16-17 : 

“Tidakkah kamu merasa aman dari Allah yang berada DI LANGIT bahwa Dia akan menjungkir-balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu berguncang. Atau apakah merasa aman terhadap Allah yang DI LANGIT bahwa Dia akan mengirimkan badai yang berbatu. Maka kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat) mendustakan peringatan-Ku”. (QS Al-Mulk : 16-17). 

Selain itu juga silahkan buka surat lainnya :

“Yang Maha Pemurah itu berada DI `ARYS BERSEMAYAM”.(QS Thaha : 5) 

“Sesungguhnya tuhan kamu adalah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi lalu bersemayam DI ATAS `ARSY”. (QS. Al-A`raf : 54). 

Selain itu juga ada keterangan dengan dimana Allah SWT itu berada dari informasi hadits Rasulullah SAW. 

Dari Abdullah bin Amr bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Kasihanilah yang bumi maka kamu akan dikasihani oleh Yang DI LANGIT”. (HR. Tirmiziy).

Dan dalil yang menyebutkan bahwa Allah ada di langit, Asyr atau di tempat yang tinggi itu sangat banyak sekali dalam AL-Quran maupun Al-Hadits. 

Yang penting harus diterangkan bahwa keberadaan-Nya tidak sama seperti manusia atau mahkluk-Nya. Begitu juga bila orang atau anak bernyata apakah Allah punya mata, telinga, tangan dan kaki, maka jawabnya adalah ya. Tapi kesemuanya tidak sama dengan yang dimiliki manusia atau makhluq apapun di dunia ini. Karena Allah itu tidak sama dengan apapun. 

Namun secara tegas Allah menyebutkan bahwa memang Dia punya semua itu. 

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anak Kecil Bertanya Allah Dimana"

Post a Comment