Kegiatan Produksi



Semua kegiatan ekonomi yang sifatnya menaikkan nilai disebut kegiatan produksi.Jadi kegiatan produksi adalah kegiatan yang menaikkan dan menambahkan nilai. Manusia sebagi subyek ekonomi dapat menaikkan nilai suatu barang dan jasa, bila ia mampu mengorganisasi faktor-faktor produksi.
Ekspresi mashlahahdalam kegiatan produksi adalah keuntungan dan berkah sehingga produsen akan menentukan kombinasi antara berkah dan keuntungan yang memberikan mashlahah maksimal. Oleh karena itu, tujuan produsen bukan hanya laba, maka pertimbangan produsen juga bukan semata pada hal yang bersifat sumber daya yang memiliki hubungan teknis dengan output, namun juga pertimbangan kandungan berkah (nonteknis)yang ada pada sumber daya maupun output. Misalnya ketika untuk menghasilkan baju diperlukan kain, benang, tenaga kerja, serta mesin jahit produsen tidak hanya memikirkan berapa meter kain dan benang yang diperlukan agar labanya maksimal, namun juga mempertimbangkan jenis kain dan benang apa, dan dibeli dengan harga berapa, berapa tenaga kerja diperlukan, berapa baju akan dibuat agar mashlahah mencapai maksimal.




1.      Firman Allah.
“Dan yang telah menciptakan kamu dari bumi dan menyuruh kamu memakmurkannya”.  (QS. Hud (11):61).

Hadis riwayat Bukhori:
“tidak seorangpun memakan satu makanan yang lebih baik dari apa yany ia makan dari hasil kerja tangannya, dan sesungguhnya Nabi Allah Daud itu makan dari hasil kerja tangannya”.
Hadis riwayat Bukhori dan Muslim :
“Barangsiapa menjadi beban dari kerjatangannya sendiri, diampuni (dosanya)”.

Kegiatan pengelolahan adalah kegiatan mengorganisasi faktor-faktor produksi guna menaikkan nilai bentuk suatu barang.
Kegiatan   perdagangan adalah kegiatan yang dianggap produktif karena perdagangan kegiatan mengorganisasi faktor-faktor produksi, guna memindahkan hak milik. Suatu barang yang semula kurang bernilai pada saat  barang ini masih di miliki penjual, maka barang tersebut dapat naik nilainya setelah berpindah hak miliknya kepada pembeli.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kegiatan Produksi"

Post a Comment