HARTA BENDA


Dalam prinsip Islam alam  sebagaitempat dan sumber hidup manusia yang di ciptakan oleh Allah. Manusia harus melakukan  aktifitasnyasebagai pengabdian (ibadah) kepada Penciptanya. Allah memberikan dorongan pada manusia cinta pada harta benda.

 Dalam surah Ali- Imran ( 3): 14).
  
“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang di ingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang- binatang ternak dan sawah ladang.Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.”

Untuk itu Ia menciptakan kebutuhan manusia, berupa alam yang dilengkapi dengan segala macam benda kebutuhan manusia untuk hidup. Manusia lahir di dalam alam, hidup dalam alam dan mati dalam alam.Tempat yang utama bagi kehidupan manusia dialam fana disebut bumi dengan segala macam isinya.  Bagian dari alam yang disebut isi alam inilah yang di olah manusia menjadi berbagai macam benda dan berbagai macam benda dan berbagai bentuk. Hasil olahan itu disebut oleh menusia sebagai daya kebutuhan masing-masing.
Jika masing-masing individu manusia itu mempunyai kemampuan yang sama untuk melahirkan kebutuhannya masing-masing maka tindak ekonomi terjadi hanya tindak ekonomi kecil-kecilan. Tetapi dalam kenyataannya, kebutuhan dan kemampuan manusia memproduksi kebutuhan itu tidak sama antara satu sama lain. Kondisi itu mendorong terjadinya transaksi yang memunculkan aktifitas yang makin lama makin lancar, sesuai dengan pertumbuhan jumlah manusia dan makin besarnya keperluan manusia itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HARTA BENDA"

Post a Comment